Home > tips/trick > attendance management [software mesin absensi sidik jari]

attendance management [software mesin absensi sidik jari]

[update tanggal 31 maret 2012/complete]

Satu bulan ini tidak bisa update blog, maupun blogwalking, dikarenakan karena lagi kumat malesnya, selain itu juga lagi ada kerjaan masang finger print di beberapa kota. Bagi yang belum mengetahui apa itu finger print, akan saya bahas disini, dengan tujuan supaya jika anda menggunakan/mengoperasikannya, hardware maupun software, dan mengalami kesulitan, beberapa pembahasan saya dibawah nanti bisa membantu.. semoga..

Finger print yang saya gunakan merk nya primatech F10, dengan software yang namanya attendance management versi 2008. Lakukan instalasi seperti biasa, next, next dan next terus sampai selesai. Setelah itu, buka program yang barusan di instal, dengan klik 2x attendace management yang ada di dekstop. Muncul peringatan [system information], hapus centang, dan tekan ok.

Setelah itu akan muncul halaman utama software attendance management 2008 seperti diatas. Langkah selanjutnya, kita buat contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga 1> jam 6 pagi sampai jam 2 siang  2> jam 2 siang sampai jam 10 malam  3> dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Langkah persiapan:

1. pastikan semua karyawan sudah terdaftar di mesin finger print

Cara pendaftarannya bisa dilihat di tabel berikut ini:



2. cek apakah nama karyawan sesuai dengan no id nya
3. buat kabel cross, panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
4. pastikan IP addressnya, tidak bentrok dengan ip finger [192.168.1.201]. Untuk men setting IP address, bisa klik tombol start, control panel, network connection, local area connection. Nah, pada local area connection, klik kanan, properties. Disitu terlihat kotak yang ada centang nya, pilih atau klik internet protocol (TCT/IP), trus klik properties. Selanjutnya akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Pada kotak IP address isikan no IP yang berbeda dengan finger. Jika mesin finger default [otomatis] no IP nya 192.168.1.201, maka sebagai contoh bisa diisikan no 192.168.1.20.
Dibawahnya,klik subnet mask, yang secara otomatis akan keluar angka 255.255.255.0. Klik ok. Jangan lupa, setelah ok, centang “show icon in notification area when connected”. Trus klik ok lagi. Tujuannya agar kita tahu apakah mesin finger dan komputer/laptop sudah konek dengan baik atau tidak.

Langkah-langkah selanjutnya:
1. buka program attendance, disebelah kiri, ada 4 kolom penting, yaitu machine, maintenance/options, employee schedule, dan data maintenance. Jadi, focus untuk setting keseluruhan program attendance management focus pada 4 option penting tadi.

Dalam tabel maintenance/options, pilih [klik] departement list

Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

2. muncul halaman departement management. Langkah selanjutnya, buat nama perusahaan beserta sub divisi2 nya/ atau departemen.
3. nama default disitu bisa direname, lalu bisa ditambahkan dengan klik “add”, “delete” untuk menghapus, “rename” untuk mengganti nama, dan “employee” untuk menambahkan karyawan pada setiap divisi/departement.

nah, berdasar kasus diatas, nanti akan terlihat seperti berikut:

4. setelah itu, hubungkan mesin finger print dengan computer, dan jangan lupa, ip address tidak boleh sama dengan ip finger
5. kembali ke halaman depan program attendance, pada tabel paling atas sebelah kiri, tepatnya di tabel machine, klik download user info and fp

Lihat gambar berikut ini:

Dan nantinya akan muncul halaman berikut:


6. centang all user, browse, dan klik download [centang juga download finger print data]
7. setelah proses berjalan, akan terlihat jumlah id yang sudah di daftarkan sebelumnya.
8. tutup halaman ini, dan kembali ke halaman depan program attendance, di tabel ke dua dari atas, tepatnya tabel maintenance/options, klik employees. Seperti gambar berikut.

9. akan terlihat nama pt dan sub divisi yang telah di buat, klik pada nama perusahaannya [dalam contoh pt uchiha] untuk melihat seluruh karyawan yang sudah di daftarkan pada mesin.
10. cocokkan id yang tertera. Setelah itu edit id tersebut sesuai keperluan. Misalnya id no 1 [AC no.] di kasih nama madara, gender laki-laki, dan seterusnya.

sampai disini bisa mengikuti?

11. setelah meng edit pencocokan id karyawan dan memberi nama, selanjutnya memindah karyawan2 tersebut ke sub divisi masing2
12. buka halaman depan program attendance, dan pilih departement list

13. klik pada pt uchiha [contoh] dan selanjutnya klik icon employeed, dan akan terlihat gambar berikut. 14. terdapat dua kolom, yang sebelah kiri kolom employee dan kanan our departement’s employees
15. blok semua nama karyawan dalam tabel sebelah kanan, dan klik remove. selesai, klik close
16. kembali ke departement management, klik divisi paling atas, dalam contoh kepala cabang. setelah itu klik employee. pilih nama kepala cabang di kolom sebelah kiri, lalu klik “add” agar pindah ke sebelah kanan. selesai “close”
17. lakukan hal yang sama pada masing2 divisi/departement, sampai tabel employee disebelah kiri kosong [tanpa nama karyawan]. selesai, close

lihat gambar berikut:

18. langkah selanjutnya, upload user info. pada halaman awal program attendance, pada kolom/tabel paling atas sebelah kiri, klik upload user info and FP [gambar no 5], selanjutnya akan muncul halamat berikut:

19. Klik PT UCHIHA, sehingga nama karyawan akan muncul di kolom tengah. Selanjutnya, centang user info, dan fingerprint yang ada di pojok kiri bawah. Terakhir, klik upload.
20. tujuan peng upload an ini supaya karyawan pada waktu melakukan absensi, namanya bisa muncul pada layar display mesin finger print. Tapi, nama yang tampil dibatasi 8 karakter saja.
21. dari sini, cek semua langkah2 yang dilakukan, apakah sudah benar atau belum, terutama cek absen di mesin fingerprint, apakah sudah keluar nama yang sesuai.

dari sini ada yang belum jelas?? baca baca baca

22. Sekarang kita melangkah ke tahap yang lebih sulit, yaitu pembuatan jadwal dan penerapannya pada shift karyawan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik maintenance timetables, seperti gambar  berikut:

23. Muncul menu system information, klik ok, sehingga halaman selanjutnya tampak sebagai berikut:

24. Perhatikan 2 option pilihan model jam kerja diatas. Pilih option yang paling atas, lalu masukkan jam kerja, yaitu jam masuk kerja, dan jam pulang kerja. Selesai, klik next, dan muncul gambar seperti di bawah ini.

25. Pada halaman ini, anda harus memasukkan jam kerja yang lebih detail.
•    Start c/in: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    End c/in: jam dimana karyawan terakhir diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    Start c/out: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen pulang.
•    End c/out: jam dimana karyawan terakhir melakukan absen pulang.
•    Must c/in dan must c/out harus dicentang agar karyawan supaya bisa terhitung kerja 1 hari, harus melakukan absen masuk, dan pulang. Selesai, klik next.

26.  Terdapat 2 pertanyaan.

  • Yang pertama, berapa menit setelah jam kerja dimulai yang dihitung sebagai keterlambatan. Ex, kita masuk jam 8 pagi, toleransi 5 menit. Kita absen jam 08:04, maka, kita akan terhitung masuk, tapi tidak terhitung terlambat. Sedangkan kalau kita absen jam 08:06, maka kita akan terhitung terlambat 6 menit dari batas toleransi. Bukan 1 menit.
  • Yang kedua, berapa menit sebelum jam kerja berakhir, terhitung sebagai pulang lebih awal. Ex. Jadwal kantor kita pulang nya jam 16:00. Toleransi boleh melakukan absen pulang 5 menit sebelumnya, yaitu kalau dihitung jam 15:55 sudah boleh absen. Tapi, kalau kita melakukan absen jam 15: 50, kita terhitung pulang lebih awal. Selesai, klik next.

27. Muncul halaman konfirmasi, centang option pertama [biarkan yang kedua tetep kosong], dan klik finish.

Perlu diingan, jadwal yang kita buat tadi, masih bisa di edit di langkah selanjutnya, jadi jika terlanjur melakukan kesalahan entry data, jangan kuatir, yang akan terlihat seperti halaman berikut.

Nah, dari sini perlu saya ingatkan kembali, bahwa tutorial ini mengikut contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga

  • jam 6 pagi sampai jam 2 siang
  • jam 2 siang sampai jam 10 malam
  • dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Sehingga saya harus membuat 5 macam jam kerja, diantaranya:

  • normal: jam 08.00-16.00 berlaku senin-jum’at
  • sc-p: security pagi jam 06:00-14:00
  • sc-s: security siang jam 14:00-22:00
  • sc-m: security malam jam 22:00-06:00
  • sabtu: jam 08:00-13:00 berlaku hanya untuk hari sabtu.

Untuk contoh pengisian entry data pada halaman shift timetabless maintenance, bisa dilihat seperti gambar diatas.

28. Setelah pengisian data jam kerja diatas, langkah selanjutnya adalah menerapkan jadwal yang telah dibuat untuk durasi satu minggu penuh. Klik shift management seperti gambar berikut.

29. Akan terlihat 2 kolom, sebelah kiri shift, dan sebelah kanan shift time period. Seperti halnya gambar diatas, klik normal, lalu edit. Lalu isilah beginning date sesuai mulai kapan jadwal ini akan diberlakukan atau diterapkan, selesai save.

30. Selanjutnya, pada shift time periode, terlihat jadwal yang ada hanya senin-jum’at, yang jam kerjanya 08:05-16:00. Mana sabtu? Agar bisa tampil seperti gambar diatas, kita harus menambahkan, dengan cara klik add time, sehingga tampil gambar berikut.

Terdapat 2 kolom, yang sebelah kiri macam2 shift yang telah kita buat tadi, dan sebelah kanan, nama-nama hari. Pilih shift yang belum ada (tadi yang belum ada adalah hari sabtu), lalu pada kolom sebelah kanan, centang pada hari apa shift itu diberlakukan (shift sabtu ya berlaku hanya hari sabtu saja bukan!!). Kalau hari shift normal, berlaku untuk senin-jum’at.

31. Sedangkan untuk shift security tidak dimasukkan pada shift management, karena apa, karena security kerjanya rolling, jadi seumpama si A sekarang shift siang, besoknya shift malam, begitu seterusnya. Jadi, kalau kita menerapkannya pada shift managamenent, apakah anda mau mengedit jadwal/program setiap hari????

32. Langkah selanjutnya, menerapkan jadwal tersebut pada karyawan. Klik pada employee schedule.

33. Cara menerapkan jadwal yaitu klik pada department [pt uchiha] pada kolom sebelah kiri, dan akan terlihat seluruh nama karyawan pada kolom sebelah kanan. Klik nama karyawan terus tekan shift dan panah bawah untuk blok. Hal yang sangat perlu diperhatikan, adalah nama security. Dari kasus pt uchiha diatas, 3 orang sebagai security harus di unblok, jadi tidak dikenakan jadwal normal. Contoh sbb:

Selanjutnya, klik arrange shifts yang ada di kanan atas, hingga muncul gambar sebagai berikut:

34. Selanjutnya klik tombol “plus” dan muncul halaman sebagai berikut:

Pada halaman ini, edit time range, yaitu mulai kapan jadwal ini di terapkan/dipakai sampai kapan. Seperti gambar diatas, program ini digunakan untuk time range 01/01/2010 sampai 01/05/2010. Selesai, klik ok. Trus klik ok lagi jika jadwal memang sudah dirasa sudah benar. Dan akan muncul halaman akhir seperti berikut.

Perhatikan gambar ini dengan gambar no. 33. Disini terdapat perbedaan, yaitu pada samping nama karyawan, terdapat “shift” dengan kata-kata normal. Artinya, karyawan yang mempunyai embel-embel normal disampingnya, berarti sudah mempunyai jadwal “normal” seperti yang telah dibuat di awal.

Pertanyaannya, untuk security bagaimana? Untuk security, klik departement dimana security itu berada, dalam kasus diatas security ada di departement sekretariat dan umum, klik, dan akan terlihat 3 nama karyawan yang tentunya ada embel-embel normal. Ini harus dihilangkan, karena security tidak ikut jadwal normal. Caranya sebagai berikut.

Langkah 1 dan 2.

langkah 3

 

langkah 4

 

perhatikan perbedaan gambar langkah 4 dan 3…

 

langkah 5

 

 

Security memang tidak mendapat jadwal schedule, tapi untuk mendeteksi absen nya bisa di lihat di gambar sebelah kanan, penambahan jadwal [ditandai dengan warna] yg telah dibuat sebelumnya. Ini dibuat karena shift security selalu berubah-ubah, masak kita buat jadwal setiap hari, kan gak lucu..  wkwkwk…

 

langkah 6

 

 

 

Tambahkan timetable satu persatu seperti gambar diatas..

 

langkah 7

 

 

Nah, karin, sunade dan sakura sudah masuk, tanpa dikenai dengan rules absen [perhatikan perbedaan gambar langkah 7 dengan langkah 1.

Nah, disini, security sudah dikenakan jadwal untuk security, yaitu sc-p, sc-s, dan sc-m. Jadi, security TIDAK dikenakan jadwal normal, bisa dilihat seperti gambar diatas. Selanjutnya, atur time range dibawahnya, seperti yang pernah dilakukan tadi, hingga tampak seperti gambar berikut:

 

langkah 8

 

 

 

Dari sini semua langkah yang diperlukan sudah selesai. Silahkan diuji coba pada mesin absensi anda..

Akhirnya, posting ini saya tutup secara resmi tanggal 31/03/2012.  Semoga bermanfaat, sukses selalu..

  1. KAJ
    June 7, 2017 at 6:44 am

    pak mohon infonya dong ke email campanakkost@gmail.com dulu saya pake windows 7 sekrng pakai windows 10 kok databasenya ndk isa terkoneksi yah

    • May 19, 2018 at 6:47 am

      databasenya setting dulu gan, samain dengan database pas waktu pake windows 7

  2. agus
    June 21, 2017 at 5:50 am

    Mau nanya bagaimana caranya memasukan tanggal merah / tanggal libur..?

  3. samuel
    July 3, 2017 at 1:51 am

    pak tolong batu dong
    ketika saya download att karyawan tak ada tmpilan
    dan hanya muncul no new log panel 3

  4. it3`
    July 24, 2017 at 9:27 am

    mohon bantuan dan solusinya dunk ketika menggunakan software ini,diklik icon na tapi software gak terbuka kenapa ya?bisa dibantu kirim ke email saya jika ada yang bisa bantuin solusinya it3.unicoraya@gmail.com

  5. nanang
    August 16, 2017 at 1:42 am

    mohon bantuan dan solusinya dong. saya pakai yang primatech hybrid kok ada tulisannya FPReader Error! jadi tidak bisa buat finger. Bagaimana solusinya?

  6. udien
    August 17, 2017 at 4:49 pm

    malam… Brooo.. Finger spot saya kehilangan softwear,, bisa minta link untuk tipe deskpro series.. ?? email udienrastafara@gmail.com trimakasih

  7. August 24, 2017 at 9:57 am

    sore, saya ada masalah ketika penambahan karyawan baru. ketika di ADD memang keluar AC No sendiri sesuai dengan urutannya. tetapi mesin absensi saya keluar angka banyak dan ada tanda minus diawal cth: -168912647. seperti itu. digitnya juga banyak seperti itu. bisa diedit sesuai kebutuhan, hanya saja kan saya harus mengingat berapa AC NO yang terakhir. mohon solusinya dong??

  8. Jerry
    August 28, 2017 at 4:24 pm

    malam … sy ada masalah saat koneksi …muncul di layar Class Not Registered

    mohon solusinya

    • rafika
      November 2, 2019 at 2:40 am

      sam di laptopku juga ada muncul class not registered, solusinya apa ya??

  9. September 7, 2017 at 8:48 am

    Saya pakai solution x100-c finger print dan pakai attandance management. data record setelah mencapai 5000 data record tidak bisa terdownload sempurna. selalu ada beberapa user data record yg lost tidak tertarik program. ada solusi untuk masalah ini? mohon penejlasan dan e-mail ke farid.ratulbc5@gmail.com

    Thank sebelumnya..

    • February 2, 2018 at 3:42 am

      yg di mesin bukan ? record saya biasa saya hapus otomatis pas didownlod , jadi di mesin kosong tidak ada data , tercatat

  10. sunarta
    October 13, 2017 at 1:13 am

    saya kehilangan softwarenya bisa di bantu nggih email di wsunarta6@gmail.com

  11. October 28, 2017 at 5:51 am

    Bisa bantu minta software attendance nya untuk solution x100-c. Kita pakai di perusahaan ini
    http://www.bumina.com

    • February 2, 2018 at 3:35 am

      bisa hubungi solution langsung kemaren saya minta d dari sana

  12. ummy
    November 13, 2017 at 2:40 am

    Tolong dibantu, hari initadi sy mencoba mengaktifkan fitur administrator, sy bisa login di mesin finger print, tapi kenapa begitu mau buka aplikasi di laptop, sy sudah masukkan nama user / no id sesuai dengan yg sy pakai login di mesin fingerprint tapi tidak bisa, mohon solusinya

    • hafid
      January 24, 2018 at 2:43 am

      untuk mengaktifkan fitur admin gimana ya

  13. November 13, 2017 at 12:18 pm

    bisa email ke anzrullahf@gmail untuk software p201nya. soalnya hilang 😦

  14. hafid
    January 24, 2018 at 2:41 am

    untuk membuat akun admin agar mesin g bs d otak atik gimana ya

    • February 2, 2018 at 3:34 am

      klik karyawan status jadikan supersviser

  15. February 3, 2018 at 5:09 am

    untuk cara upload foto dari pc ke mesin sidik jari gimna ?

  16. February 3, 2018 at 5:11 am

    untuk cara upload foto user ke mesin sidik jari gimna caranya?

  17. aris
    February 6, 2018 at 5:05 am

    Mohon solusinya, apa penyebab laporan presensi tidak muncul?

  18. Titiva Afri Rizkiani
    February 14, 2018 at 10:59 am

    Permisi Pak. Mohon bantuannya di saya kenapa nama2 nya tidak muncul hanya ID nya saja ya?
    ketika ingin menambah nama tidak bisa.
    mohon balasan ke email saya.titiva.afririzkiani@zingmobile.co.id

  19. mansur
    February 26, 2018 at 5:28 am

    selamat siang pak mohon bantuanya,..kenapa hasil scen masuk dan pulang tidak muncul pada laporan..mohon solusinya..mansurbenik@yahoo.co.id

  20. Magdalena
    March 6, 2018 at 8:56 am

    Selamat sore, Pak. Mohon bantuannya untuk cara setting jam kerja dimana saat istirahat juga harus scan keluar masuk? thanks. mohon email solusinya.. magdalena@tehsurya.co.id

  21. Ari
    March 27, 2018 at 11:19 am

    mohon bantuannya mas, saya instal ulang komputer, stelah itu saya instal lagi software attendance nya, tetapi department list nya kok hilang ya mas? mohon bantuannya, usernya ada kok, terima kasih

  22. bjpal
    April 22, 2018 at 5:46 pm

    data sudah didownload karena butuh beberapa perbaikan, saya ragu untuk upload kembali, apakah data lama akan hilang saat saya upload?
    mohon bantuannya

  23. WAHYUDIN
    April 26, 2018 at 1:45 am

    MOHON BANTUAN..
    SETIAP SAYA MASUKAN NO USER BARU TIDAK BISA TERKONEK DAN DI SAVE

  24. WAHYUDIN
    April 26, 2018 at 1:52 am

    Mohon bantuan
    Pada saat saya mau masukan no : Ac baru / karyawan baru tidak bisa akan muncul data type mismatch in kriteria expression mohon penjelasannya

  25. anita yulianti
    May 13, 2018 at 6:19 am

    mohon bantuan,
    pada saat saya menambahkan departement, sudah di daftarkan nama karyawan, tapi sidik jari tidak terdeteksi,

  26. df
    June 6, 2018 at 1:49 am

    di mana mahu muat turun softwarenya kerna sudah hilang

  27. Riky Sukendar
    August 29, 2018 at 9:51 am

    mohon bantuannya C/keluarnya ga muncul munculnya c/masuk semua

  28. nanda
    September 3, 2018 at 6:44 am

    bagaimana cara untuk update data user

  29. ali
    September 10, 2018 at 8:34 am

    cara mengatasi pas konek ke mesin Class not Registerd

  30. ridwan
    September 21, 2018 at 6:32 am

    kalo cara update data karyawan yang ga masuk database gimana min? kasusnya karyawan terlambat sudah absen FP tapi di sistemnya ko malah di tulis tidak adir, seharusnya terlambat, nah untuk merubahnya bagaimana ya?

  31. kurdi
    November 25, 2018 at 6:56 am

    maaf mau tanya gan, saya mau cetak laporan tetapi tidak bisa dan muncul pesan : Field ‘leave_3’ not found. mohon pencerahannya. terimakasih

  32. taufik
    January 11, 2019 at 11:58 pm

    maaf om boleh kirim software seri x401,, di komputer ke upgrade boleh kirim ke taufikrahman516@gmail.com

  33. aul
    January 14, 2019 at 5:10 am

    mohon bantuanya,
    dinas luar tidak terbaca di laporan rekapitulasi
    tks

  34. Gabz Chriztian
    June 11, 2019 at 3:47 am

    Saya bisa narik data dari mesin absensi dan data semua tertarik, akan tetapi saat lihat detail laporan harian tidak muncul sama sekali. Mohon pencerahannya, terima kasih

  35. July 19, 2019 at 11:55 pm

    Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

  36. Eko
    July 22, 2019 at 4:20 pm

    Mau nanya pak….setelah selesai semua jadwalnya cara masukkan ke mesin absensinya gimana yah pak

  37. Faruqi
    September 26, 2019 at 8:19 am

    mau nanya, kalo download softwarenya dimana?

    • Faruqi
      September 26, 2019 at 8:21 am

      donwload softwarewnya dimana bang?

  38. Mohammad Id
    October 22, 2019 at 8:34 am

    pak….mohon ijin bisa kirim software solution p207 karena cd punya saya hilang
    e-mail : i.comtech77@gmail.com
    terima kasih pak….

  39. November 6, 2019 at 5:56 am

    Pak tolong bantu. setelah pidnah computer kenapa ID dan PWD yg saya masukan salah, padahal itu sudah benar.
    setelah di utak atik sama saya ID dan PWD bias access tp ketikan koneksi ke mesin finger print malah class not registered. mohon pencerahannya

    terima kasih

  40. indra
    January 8, 2020 at 2:08 am

    Boleh minta solusi, saya sis employee schedules, tapi di report tidak muncul, itu kenaoa dan bagaimana solusinya ya??terima kasih

Comment pages

Leave a reply to Dewi Mulyani Cancel reply