Home > tips/trick > attendance management [software mesin absensi sidik jari]

attendance management [software mesin absensi sidik jari]

[update tanggal 31 maret 2012/complete]

Satu bulan ini tidak bisa update blog, maupun blogwalking, dikarenakan karena lagi kumat malesnya, selain itu juga lagi ada kerjaan masang finger print di beberapa kota. Bagi yang belum mengetahui apa itu finger print, akan saya bahas disini, dengan tujuan supaya jika anda menggunakan/mengoperasikannya, hardware maupun software, dan mengalami kesulitan, beberapa pembahasan saya dibawah nanti bisa membantu.. semoga..

Finger print yang saya gunakan merk nya primatech F10, dengan software yang namanya attendance management versi 2008. Lakukan instalasi seperti biasa, next, next dan next terus sampai selesai. Setelah itu, buka program yang barusan di instal, dengan klik 2x attendace management yang ada di dekstop. Muncul peringatan [system information], hapus centang, dan tekan ok.

Setelah itu akan muncul halaman utama software attendance management 2008 seperti diatas. Langkah selanjutnya, kita buat contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga 1> jam 6 pagi sampai jam 2 siang  2> jam 2 siang sampai jam 10 malam  3> dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Langkah persiapan:

1. pastikan semua karyawan sudah terdaftar di mesin finger print

Cara pendaftarannya bisa dilihat di tabel berikut ini:



2. cek apakah nama karyawan sesuai dengan no id nya
3. buat kabel cross, panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
4. pastikan IP addressnya, tidak bentrok dengan ip finger [192.168.1.201]. Untuk men setting IP address, bisa klik tombol start, control panel, network connection, local area connection. Nah, pada local area connection, klik kanan, properties. Disitu terlihat kotak yang ada centang nya, pilih atau klik internet protocol (TCT/IP), trus klik properties. Selanjutnya akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Pada kotak IP address isikan no IP yang berbeda dengan finger. Jika mesin finger default [otomatis] no IP nya 192.168.1.201, maka sebagai contoh bisa diisikan no 192.168.1.20.
Dibawahnya,klik subnet mask, yang secara otomatis akan keluar angka 255.255.255.0. Klik ok. Jangan lupa, setelah ok, centang “show icon in notification area when connected”. Trus klik ok lagi. Tujuannya agar kita tahu apakah mesin finger dan komputer/laptop sudah konek dengan baik atau tidak.

Langkah-langkah selanjutnya:
1. buka program attendance, disebelah kiri, ada 4 kolom penting, yaitu machine, maintenance/options, employee schedule, dan data maintenance. Jadi, focus untuk setting keseluruhan program attendance management focus pada 4 option penting tadi.

Dalam tabel maintenance/options, pilih [klik] departement list

Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

2. muncul halaman departement management. Langkah selanjutnya, buat nama perusahaan beserta sub divisi2 nya/ atau departemen.
3. nama default disitu bisa direname, lalu bisa ditambahkan dengan klik “add”, “delete” untuk menghapus, “rename” untuk mengganti nama, dan “employee” untuk menambahkan karyawan pada setiap divisi/departement.

nah, berdasar kasus diatas, nanti akan terlihat seperti berikut:

4. setelah itu, hubungkan mesin finger print dengan computer, dan jangan lupa, ip address tidak boleh sama dengan ip finger
5. kembali ke halaman depan program attendance, pada tabel paling atas sebelah kiri, tepatnya di tabel machine, klik download user info and fp

Lihat gambar berikut ini:

Dan nantinya akan muncul halaman berikut:


6. centang all user, browse, dan klik download [centang juga download finger print data]
7. setelah proses berjalan, akan terlihat jumlah id yang sudah di daftarkan sebelumnya.
8. tutup halaman ini, dan kembali ke halaman depan program attendance, di tabel ke dua dari atas, tepatnya tabel maintenance/options, klik employees. Seperti gambar berikut.

9. akan terlihat nama pt dan sub divisi yang telah di buat, klik pada nama perusahaannya [dalam contoh pt uchiha] untuk melihat seluruh karyawan yang sudah di daftarkan pada mesin.
10. cocokkan id yang tertera. Setelah itu edit id tersebut sesuai keperluan. Misalnya id no 1 [AC no.] di kasih nama madara, gender laki-laki, dan seterusnya.

sampai disini bisa mengikuti?

11. setelah meng edit pencocokan id karyawan dan memberi nama, selanjutnya memindah karyawan2 tersebut ke sub divisi masing2
12. buka halaman depan program attendance, dan pilih departement list

13. klik pada pt uchiha [contoh] dan selanjutnya klik icon employeed, dan akan terlihat gambar berikut. 14. terdapat dua kolom, yang sebelah kiri kolom employee dan kanan our departement’s employees
15. blok semua nama karyawan dalam tabel sebelah kanan, dan klik remove. selesai, klik close
16. kembali ke departement management, klik divisi paling atas, dalam contoh kepala cabang. setelah itu klik employee. pilih nama kepala cabang di kolom sebelah kiri, lalu klik “add” agar pindah ke sebelah kanan. selesai “close”
17. lakukan hal yang sama pada masing2 divisi/departement, sampai tabel employee disebelah kiri kosong [tanpa nama karyawan]. selesai, close

lihat gambar berikut:

18. langkah selanjutnya, upload user info. pada halaman awal program attendance, pada kolom/tabel paling atas sebelah kiri, klik upload user info and FP [gambar no 5], selanjutnya akan muncul halamat berikut:

19. Klik PT UCHIHA, sehingga nama karyawan akan muncul di kolom tengah. Selanjutnya, centang user info, dan fingerprint yang ada di pojok kiri bawah. Terakhir, klik upload.
20. tujuan peng upload an ini supaya karyawan pada waktu melakukan absensi, namanya bisa muncul pada layar display mesin finger print. Tapi, nama yang tampil dibatasi 8 karakter saja.
21. dari sini, cek semua langkah2 yang dilakukan, apakah sudah benar atau belum, terutama cek absen di mesin fingerprint, apakah sudah keluar nama yang sesuai.

dari sini ada yang belum jelas?? baca baca baca

22. Sekarang kita melangkah ke tahap yang lebih sulit, yaitu pembuatan jadwal dan penerapannya pada shift karyawan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik maintenance timetables, seperti gambar  berikut:

23. Muncul menu system information, klik ok, sehingga halaman selanjutnya tampak sebagai berikut:

24. Perhatikan 2 option pilihan model jam kerja diatas. Pilih option yang paling atas, lalu masukkan jam kerja, yaitu jam masuk kerja, dan jam pulang kerja. Selesai, klik next, dan muncul gambar seperti di bawah ini.

25. Pada halaman ini, anda harus memasukkan jam kerja yang lebih detail.
•    Start c/in: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    End c/in: jam dimana karyawan terakhir diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    Start c/out: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen pulang.
•    End c/out: jam dimana karyawan terakhir melakukan absen pulang.
•    Must c/in dan must c/out harus dicentang agar karyawan supaya bisa terhitung kerja 1 hari, harus melakukan absen masuk, dan pulang. Selesai, klik next.

26.  Terdapat 2 pertanyaan.

  • Yang pertama, berapa menit setelah jam kerja dimulai yang dihitung sebagai keterlambatan. Ex, kita masuk jam 8 pagi, toleransi 5 menit. Kita absen jam 08:04, maka, kita akan terhitung masuk, tapi tidak terhitung terlambat. Sedangkan kalau kita absen jam 08:06, maka kita akan terhitung terlambat 6 menit dari batas toleransi. Bukan 1 menit.
  • Yang kedua, berapa menit sebelum jam kerja berakhir, terhitung sebagai pulang lebih awal. Ex. Jadwal kantor kita pulang nya jam 16:00. Toleransi boleh melakukan absen pulang 5 menit sebelumnya, yaitu kalau dihitung jam 15:55 sudah boleh absen. Tapi, kalau kita melakukan absen jam 15: 50, kita terhitung pulang lebih awal. Selesai, klik next.

27. Muncul halaman konfirmasi, centang option pertama [biarkan yang kedua tetep kosong], dan klik finish.

Perlu diingan, jadwal yang kita buat tadi, masih bisa di edit di langkah selanjutnya, jadi jika terlanjur melakukan kesalahan entry data, jangan kuatir, yang akan terlihat seperti halaman berikut.

Nah, dari sini perlu saya ingatkan kembali, bahwa tutorial ini mengikut contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga

  • jam 6 pagi sampai jam 2 siang
  • jam 2 siang sampai jam 10 malam
  • dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Sehingga saya harus membuat 5 macam jam kerja, diantaranya:

  • normal: jam 08.00-16.00 berlaku senin-jum’at
  • sc-p: security pagi jam 06:00-14:00
  • sc-s: security siang jam 14:00-22:00
  • sc-m: security malam jam 22:00-06:00
  • sabtu: jam 08:00-13:00 berlaku hanya untuk hari sabtu.

Untuk contoh pengisian entry data pada halaman shift timetabless maintenance, bisa dilihat seperti gambar diatas.

28. Setelah pengisian data jam kerja diatas, langkah selanjutnya adalah menerapkan jadwal yang telah dibuat untuk durasi satu minggu penuh. Klik shift management seperti gambar berikut.

29. Akan terlihat 2 kolom, sebelah kiri shift, dan sebelah kanan shift time period. Seperti halnya gambar diatas, klik normal, lalu edit. Lalu isilah beginning date sesuai mulai kapan jadwal ini akan diberlakukan atau diterapkan, selesai save.

30. Selanjutnya, pada shift time periode, terlihat jadwal yang ada hanya senin-jum’at, yang jam kerjanya 08:05-16:00. Mana sabtu? Agar bisa tampil seperti gambar diatas, kita harus menambahkan, dengan cara klik add time, sehingga tampil gambar berikut.

Terdapat 2 kolom, yang sebelah kiri macam2 shift yang telah kita buat tadi, dan sebelah kanan, nama-nama hari. Pilih shift yang belum ada (tadi yang belum ada adalah hari sabtu), lalu pada kolom sebelah kanan, centang pada hari apa shift itu diberlakukan (shift sabtu ya berlaku hanya hari sabtu saja bukan!!). Kalau hari shift normal, berlaku untuk senin-jum’at.

31. Sedangkan untuk shift security tidak dimasukkan pada shift management, karena apa, karena security kerjanya rolling, jadi seumpama si A sekarang shift siang, besoknya shift malam, begitu seterusnya. Jadi, kalau kita menerapkannya pada shift managamenent, apakah anda mau mengedit jadwal/program setiap hari????

32. Langkah selanjutnya, menerapkan jadwal tersebut pada karyawan. Klik pada employee schedule.

33. Cara menerapkan jadwal yaitu klik pada department [pt uchiha] pada kolom sebelah kiri, dan akan terlihat seluruh nama karyawan pada kolom sebelah kanan. Klik nama karyawan terus tekan shift dan panah bawah untuk blok. Hal yang sangat perlu diperhatikan, adalah nama security. Dari kasus pt uchiha diatas, 3 orang sebagai security harus di unblok, jadi tidak dikenakan jadwal normal. Contoh sbb:

Selanjutnya, klik arrange shifts yang ada di kanan atas, hingga muncul gambar sebagai berikut:

34. Selanjutnya klik tombol “plus” dan muncul halaman sebagai berikut:

Pada halaman ini, edit time range, yaitu mulai kapan jadwal ini di terapkan/dipakai sampai kapan. Seperti gambar diatas, program ini digunakan untuk time range 01/01/2010 sampai 01/05/2010. Selesai, klik ok. Trus klik ok lagi jika jadwal memang sudah dirasa sudah benar. Dan akan muncul halaman akhir seperti berikut.

Perhatikan gambar ini dengan gambar no. 33. Disini terdapat perbedaan, yaitu pada samping nama karyawan, terdapat “shift” dengan kata-kata normal. Artinya, karyawan yang mempunyai embel-embel normal disampingnya, berarti sudah mempunyai jadwal “normal” seperti yang telah dibuat di awal.

Pertanyaannya, untuk security bagaimana? Untuk security, klik departement dimana security itu berada, dalam kasus diatas security ada di departement sekretariat dan umum, klik, dan akan terlihat 3 nama karyawan yang tentunya ada embel-embel normal. Ini harus dihilangkan, karena security tidak ikut jadwal normal. Caranya sebagai berikut.

Langkah 1 dan 2.

langkah 3

 

langkah 4

 

perhatikan perbedaan gambar langkah 4 dan 3…

 

langkah 5

 

 

Security memang tidak mendapat jadwal schedule, tapi untuk mendeteksi absen nya bisa di lihat di gambar sebelah kanan, penambahan jadwal [ditandai dengan warna] yg telah dibuat sebelumnya. Ini dibuat karena shift security selalu berubah-ubah, masak kita buat jadwal setiap hari, kan gak lucu..  wkwkwk…

 

langkah 6

 

 

 

Tambahkan timetable satu persatu seperti gambar diatas..

 

langkah 7

 

 

Nah, karin, sunade dan sakura sudah masuk, tanpa dikenai dengan rules absen [perhatikan perbedaan gambar langkah 7 dengan langkah 1.

Nah, disini, security sudah dikenakan jadwal untuk security, yaitu sc-p, sc-s, dan sc-m. Jadi, security TIDAK dikenakan jadwal normal, bisa dilihat seperti gambar diatas. Selanjutnya, atur time range dibawahnya, seperti yang pernah dilakukan tadi, hingga tampak seperti gambar berikut:

 

langkah 8

 

 

 

Dari sini semua langkah yang diperlukan sudah selesai. Silahkan diuji coba pada mesin absensi anda..

Akhirnya, posting ini saya tutup secara resmi tanggal 31/03/2012.  Semoga bermanfaat, sukses selalu..

  1. Muhammad Ali
    December 7, 2016 at 9:03 am

    Maaf kak mau tanya, bagaimana ya caranya mengkoneksikan mesin fingerprint ini dengan komputer saya windows 10 64 bit ? Mohon pencerahannya, terima kasih…Mohon balasannya di WA 085234890558, atau email saya : saudaraali@gmail.com

  2. m.satria wijaya
    December 22, 2016 at 10:21 am

    Saya telat 37 menit..
    Gimana cara nya agar saya bisa masuk terhitung tidak terlambat?
    mohon penjelasaannya gan
    Sbelum nya trimakasih

  3. December 25, 2016 at 6:02 am

    mesin fingerprint di komputer saya tiba2 display area record nya menghilang
    kenapa ya ka itu?

  4. darwanto
    January 2, 2017 at 4:46 am

    Selamat Siang pak, Awal tahun 2017 semoga sukses selalu, finger scan kami di tahun 2017 jika di tarik data tidak muncul…mentok sampai dgn tahun 2016 saja, gimana cara upgrade kalendernya, mohon penjelasannya Terimaksih

    • Miku-chan
      January 3, 2017 at 8:07 am

      Pengaturannya ada di bagian “Jadwal Karyawan”.

      Lihat Gambar>> https://s29.postimg.org/bi387lnyf/Finger_Print.png

      Yang dilingkari dengan warna biru itu adalah batas Maksimal, disitu tertulis 02/01/2017 yang berarti data setelah tanggal 02 Januari 2017 tidak akan terbaca.

      Kalo ane sih, batas max nya dibuat jadi 31/12/2100.

      • ahmad murtadlo
        February 9, 2017 at 6:01 am

        soft ware nya om…..

      • mfaisal
        February 10, 2017 at 8:09 am

        hahaha tahun 2100..mantap gan

      • abi
        April 16, 2017 at 4:07 am

        sy memiliki kasus yang sama……1 jan 2017 log tidak terbaca di aplikasi……gambarx ngga bs d liat om….klo bs d kirim k byusufimi@gmail.com

  5. evant
    January 6, 2017 at 4:47 am

    Selamat siang Pak, bagaimana cara menghapus log absensi tahun-tahun yg lalu, mohon caranya, Terimakasih.

  6. Dhani
    January 7, 2017 at 5:12 am

    Download sofware nya dmn ya disc nya ilang yg solution p206

  7. Nugroho
    January 16, 2017 at 7:46 am

    Siang Boss,,kl setting jam istirahat siang (12.00-13.00 wib) pada mesin sidik jari mbio MB 007C caranya bagaimana ya? Terimakasih

  8. hadi juniawan
    January 18, 2017 at 6:08 am

    salam hormat.. saya mau tanya.. untuk software finger print solution X601 bisa di download dimana ya.. krn CD yang tersedia tidak terbaca lagi.. mohon bantuannya melalui email juniawan.hadi@yahoo.com terimakasih.

  9. Egy
    January 20, 2017 at 4:39 am

    Selamat siang, numpang tanya apa yah perbedaan fungsi dari AC Log dengan Report? dan mengapa ada beberapa orang yang scan sidik jarinya tidak tercantum dalam report namun saat di cek di AC Log ternyata scan jari orang tersebut tercantum.. apa ada yang tau kenapa? terima kasih

  10. candra.
    January 26, 2017 at 2:20 am

    selamat pagi,, saya mau tanya ko kenapa ya,, pas pergantian tahun data pinggernya tidak bisa di masukan ke admin data tidak ada kiteria,, harus di seting apanya yah.. mohon pencerahannya. terimakasih

  11. February 5, 2017 at 2:35 am

    Siang gan,, mau tanya kalo ada yg ngerubah waktu di mesin absennya apakah kelihatan di Log systemnya? dan apakah ada warning kalo ada perubahan waktu? terima kasih

  12. February 5, 2017 at 10:54 am

    Om softwearnya Om…..

  13. dede
    February 9, 2017 at 4:34 am

    cara import file karyawan gan biar gk d tik satu persatu bgaimana ya

  14. ahmad murtadlo
    February 9, 2017 at 5:57 am

    gan minta app primatech hybrid dong

  15. ahmad murtadlo
    February 9, 2017 at 6:00 am

    gan softwarenya dong…?

  16. ahmad murtadlo
    February 9, 2017 at 6:01 am

    please……………………………

  17. harwin
    February 13, 2017 at 4:25 am

    bagaimana kalau lupa password attendance managementnya??

  18. ira
    February 15, 2017 at 2:42 am

    Kak. minta bantuannya untuk pengaturan jadwal nya untuk shift 3 –22:00-06:00,, kak selalu invalid bagaimana pengaturan jadwalnya yg benar… mkasih

  19. acik
    February 18, 2017 at 5:03 am

    siang gan,,,. saya mau tanya.. untuk software finger print solution X 100 C bisa di download dimana ya.. krn CD nya hilang.. mohon bantuannya melalui email ygp_anekamtr@ymail.com terimakasih..

  20. mayang
    February 21, 2017 at 3:05 am

    kalau cara mengubah bahasa dari bahasa inggris ke indonesia gimana yaa?

  21. sido suroyo
    February 21, 2017 at 12:13 pm

    Ada aplikasi yang di android tidak, ya ….. kalau ada … tolong di share…. trim’s

  22. rumah photo aini
    March 5, 2017 at 9:00 am

    yang punya saya tiba tiba muncul login pas buka app nya, seebelumnya tidak harus login kalau gitu solusinya gimana ka ?

  23. March 23, 2017 at 5:49 am

    edit tanggal yang dijadiin tahun 2100 nya dmn ya, image udah dihapus kl baca comment nya. trima kasih

  24. yusup budi
    March 24, 2017 at 3:49 am

    Selamat Siang, Mhn bantuan dan solusinnya…,Bagaimana cara seting nya agar karyawan yang tidak masuk kerja tetap muncul namanya di menu “LAPORAN DAN KALKULASI TRANSAKSI”…? soalnya sekarang,karyawan yang tidak absen / tidak masuk kerja,namanya tidak muncul di menu “LAPORAN DAN KALKULASI TRANSAKSI” sehingga terpaksa harus ngecek manual karyawan yang tidak masuk tersebut.
    Saya pakai mesin absen SOLUTION X100-C.Software Attendance Management.

    Solusi sangat kami harapkan,Terima kasih sebelumnya…

  25. anis fitriyah
    March 26, 2017 at 6:55 am

    selamat siang ,, mohon bantuannya saya pakai mesin finger X100-C saya sudah setting semuanya dari mesin fingernya sampe ke softwarenyna tetap aja laporan masuk dan keluarnya tidak ada.
    padahal saya sudah mengatur jam dan shift karyawan tapii tetap tidak mau muncul laporannya.
    sudah hubungi teknisi SOLUTION malah tidak ada respon.
    tolong kasih solusinya ,,,,,

  26. lelly puspa
    March 31, 2017 at 1:09 am

    misi mau nanya kalo username ma passwword lupa gimana ya?
    \

  27. lelly puspa
    March 31, 2017 at 1:22 am

    mohon bantuannya plissssss

  28. ario
    March 31, 2017 at 8:46 am

    mau tanya kalau mau mengupgrade firmware nya gimana ya om? firmwarenya versi 6.5.4 (build 147)

  29. April 4, 2017 at 4:09 am

    siang bang admin,terimakasih ilmunya..saya mau nanya kalo setting lemburnya itu lewat mana ya?

  30. sentrasurya
    April 4, 2017 at 7:33 am

    Gan mau nanya dong, klo solution P206, bisa pake jaringan atau pake internet ga si ? terimakasih…..

  31. ainul
    April 6, 2017 at 1:24 am

    mau minta tolong driver solution x100-c saya hilang. boleh minta software nya gak?

  32. Febrian
    April 11, 2017 at 2:54 pm

    Bisa saya bantu permasalahan attendance management, masuk menu, backup database, simpan misal di dekstop, lalu email ke b3ndra@yahoo.com, beri keterangan permasalahannya.. Gbu..

  33. Gilar Singgih
    April 19, 2017 at 3:24 am

    dear admin, aplikasi dikomputer saya tiba2 muncul user n pasword untuk masuk ke aplikasi.
    sebelumnya tidak pernah demikian, bgmn solusinya?
    untuk user sm paswrd saya tdk tahu min…
    trims…

  34. rio
    April 26, 2017 at 8:32 am

    sore, mau tanya untuk perhitungan kehadiran kok disitu bisa 0,5 ? itu kenapa ya

  35. rifal
    April 27, 2017 at 3:10 am

    komputernysa saya di instal ulang, jika mau download softwarenya dimana yah ?

    terima kasih

    • rifal
      April 27, 2017 at 3:12 am

      maaf ketinggalan, typenya solution X100C

Comment pages
1 6 7 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: