Home > tips/trick > attendance management [software mesin absensi sidik jari]

attendance management [software mesin absensi sidik jari]

[update tanggal 31 maret 2012/complete]

Satu bulan ini tidak bisa update blog, maupun blogwalking, dikarenakan karena lagi kumat malesnya, selain itu juga lagi ada kerjaan masang finger print di beberapa kota. Bagi yang belum mengetahui apa itu finger print, akan saya bahas disini, dengan tujuan supaya jika anda menggunakan/mengoperasikannya, hardware maupun software, dan mengalami kesulitan, beberapa pembahasan saya dibawah nanti bisa membantu.. semoga..

Finger print yang saya gunakan merk nya primatech F10, dengan software yang namanya attendance management versi 2008. Lakukan instalasi seperti biasa, next, next dan next terus sampai selesai. Setelah itu, buka program yang barusan di instal, dengan klik 2x attendace management yang ada di dekstop. Muncul peringatan [system information], hapus centang, dan tekan ok.

Setelah itu akan muncul halaman utama software attendance management 2008 seperti diatas. Langkah selanjutnya, kita buat contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga 1> jam 6 pagi sampai jam 2 siang  2> jam 2 siang sampai jam 10 malam  3> dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Langkah persiapan:

1. pastikan semua karyawan sudah terdaftar di mesin finger print

Cara pendaftarannya bisa dilihat di tabel berikut ini:



2. cek apakah nama karyawan sesuai dengan no id nya
3. buat kabel cross, panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
4. pastikan IP addressnya, tidak bentrok dengan ip finger [192.168.1.201]. Untuk men setting IP address, bisa klik tombol start, control panel, network connection, local area connection. Nah, pada local area connection, klik kanan, properties. Disitu terlihat kotak yang ada centang nya, pilih atau klik internet protocol (TCT/IP), trus klik properties. Selanjutnya akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Pada kotak IP address isikan no IP yang berbeda dengan finger. Jika mesin finger default [otomatis] no IP nya 192.168.1.201, maka sebagai contoh bisa diisikan no 192.168.1.20.
Dibawahnya,klik subnet mask, yang secara otomatis akan keluar angka 255.255.255.0. Klik ok. Jangan lupa, setelah ok, centang “show icon in notification area when connected”. Trus klik ok lagi. Tujuannya agar kita tahu apakah mesin finger dan komputer/laptop sudah konek dengan baik atau tidak.

Langkah-langkah selanjutnya:
1. buka program attendance, disebelah kiri, ada 4 kolom penting, yaitu machine, maintenance/options, employee schedule, dan data maintenance. Jadi, focus untuk setting keseluruhan program attendance management focus pada 4 option penting tadi.

Dalam tabel maintenance/options, pilih [klik] departement list

Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

2. muncul halaman departement management. Langkah selanjutnya, buat nama perusahaan beserta sub divisi2 nya/ atau departemen.
3. nama default disitu bisa direname, lalu bisa ditambahkan dengan klik “add”, “delete” untuk menghapus, “rename” untuk mengganti nama, dan “employee” untuk menambahkan karyawan pada setiap divisi/departement.

nah, berdasar kasus diatas, nanti akan terlihat seperti berikut:

4. setelah itu, hubungkan mesin finger print dengan computer, dan jangan lupa, ip address tidak boleh sama dengan ip finger
5. kembali ke halaman depan program attendance, pada tabel paling atas sebelah kiri, tepatnya di tabel machine, klik download user info and fp

Lihat gambar berikut ini:

Dan nantinya akan muncul halaman berikut:


6. centang all user, browse, dan klik download [centang juga download finger print data]
7. setelah proses berjalan, akan terlihat jumlah id yang sudah di daftarkan sebelumnya.
8. tutup halaman ini, dan kembali ke halaman depan program attendance, di tabel ke dua dari atas, tepatnya tabel maintenance/options, klik employees. Seperti gambar berikut.

9. akan terlihat nama pt dan sub divisi yang telah di buat, klik pada nama perusahaannya [dalam contoh pt uchiha] untuk melihat seluruh karyawan yang sudah di daftarkan pada mesin.
10. cocokkan id yang tertera. Setelah itu edit id tersebut sesuai keperluan. Misalnya id no 1 [AC no.] di kasih nama madara, gender laki-laki, dan seterusnya.

sampai disini bisa mengikuti?

11. setelah meng edit pencocokan id karyawan dan memberi nama, selanjutnya memindah karyawan2 tersebut ke sub divisi masing2
12. buka halaman depan program attendance, dan pilih departement list

13. klik pada pt uchiha [contoh] dan selanjutnya klik icon employeed, dan akan terlihat gambar berikut. 14. terdapat dua kolom, yang sebelah kiri kolom employee dan kanan our departement’s employees
15. blok semua nama karyawan dalam tabel sebelah kanan, dan klik remove. selesai, klik close
16. kembali ke departement management, klik divisi paling atas, dalam contoh kepala cabang. setelah itu klik employee. pilih nama kepala cabang di kolom sebelah kiri, lalu klik “add” agar pindah ke sebelah kanan. selesai “close”
17. lakukan hal yang sama pada masing2 divisi/departement, sampai tabel employee disebelah kiri kosong [tanpa nama karyawan]. selesai, close

lihat gambar berikut:

18. langkah selanjutnya, upload user info. pada halaman awal program attendance, pada kolom/tabel paling atas sebelah kiri, klik upload user info and FP [gambar no 5], selanjutnya akan muncul halamat berikut:

19. Klik PT UCHIHA, sehingga nama karyawan akan muncul di kolom tengah. Selanjutnya, centang user info, dan fingerprint yang ada di pojok kiri bawah. Terakhir, klik upload.
20. tujuan peng upload an ini supaya karyawan pada waktu melakukan absensi, namanya bisa muncul pada layar display mesin finger print. Tapi, nama yang tampil dibatasi 8 karakter saja.
21. dari sini, cek semua langkah2 yang dilakukan, apakah sudah benar atau belum, terutama cek absen di mesin fingerprint, apakah sudah keluar nama yang sesuai.

dari sini ada yang belum jelas?? baca baca baca

22. Sekarang kita melangkah ke tahap yang lebih sulit, yaitu pembuatan jadwal dan penerapannya pada shift karyawan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik maintenance timetables, seperti gambar  berikut:

23. Muncul menu system information, klik ok, sehingga halaman selanjutnya tampak sebagai berikut:

24. Perhatikan 2 option pilihan model jam kerja diatas. Pilih option yang paling atas, lalu masukkan jam kerja, yaitu jam masuk kerja, dan jam pulang kerja. Selesai, klik next, dan muncul gambar seperti di bawah ini.

25. Pada halaman ini, anda harus memasukkan jam kerja yang lebih detail.
•    Start c/in: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    End c/in: jam dimana karyawan terakhir diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    Start c/out: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen pulang.
•    End c/out: jam dimana karyawan terakhir melakukan absen pulang.
•    Must c/in dan must c/out harus dicentang agar karyawan supaya bisa terhitung kerja 1 hari, harus melakukan absen masuk, dan pulang. Selesai, klik next.

26.  Terdapat 2 pertanyaan.

  • Yang pertama, berapa menit setelah jam kerja dimulai yang dihitung sebagai keterlambatan. Ex, kita masuk jam 8 pagi, toleransi 5 menit. Kita absen jam 08:04, maka, kita akan terhitung masuk, tapi tidak terhitung terlambat. Sedangkan kalau kita absen jam 08:06, maka kita akan terhitung terlambat 6 menit dari batas toleransi. Bukan 1 menit.
  • Yang kedua, berapa menit sebelum jam kerja berakhir, terhitung sebagai pulang lebih awal. Ex. Jadwal kantor kita pulang nya jam 16:00. Toleransi boleh melakukan absen pulang 5 menit sebelumnya, yaitu kalau dihitung jam 15:55 sudah boleh absen. Tapi, kalau kita melakukan absen jam 15: 50, kita terhitung pulang lebih awal. Selesai, klik next.

27. Muncul halaman konfirmasi, centang option pertama [biarkan yang kedua tetep kosong], dan klik finish.

Perlu diingan, jadwal yang kita buat tadi, masih bisa di edit di langkah selanjutnya, jadi jika terlanjur melakukan kesalahan entry data, jangan kuatir, yang akan terlihat seperti halaman berikut.

Nah, dari sini perlu saya ingatkan kembali, bahwa tutorial ini mengikut contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga

  • jam 6 pagi sampai jam 2 siang
  • jam 2 siang sampai jam 10 malam
  • dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Sehingga saya harus membuat 5 macam jam kerja, diantaranya:

  • normal: jam 08.00-16.00 berlaku senin-jum’at
  • sc-p: security pagi jam 06:00-14:00
  • sc-s: security siang jam 14:00-22:00
  • sc-m: security malam jam 22:00-06:00
  • sabtu: jam 08:00-13:00 berlaku hanya untuk hari sabtu.

Untuk contoh pengisian entry data pada halaman shift timetabless maintenance, bisa dilihat seperti gambar diatas.

28. Setelah pengisian data jam kerja diatas, langkah selanjutnya adalah menerapkan jadwal yang telah dibuat untuk durasi satu minggu penuh. Klik shift management seperti gambar berikut.

29. Akan terlihat 2 kolom, sebelah kiri shift, dan sebelah kanan shift time period. Seperti halnya gambar diatas, klik normal, lalu edit. Lalu isilah beginning date sesuai mulai kapan jadwal ini akan diberlakukan atau diterapkan, selesai save.

30. Selanjutnya, pada shift time periode, terlihat jadwal yang ada hanya senin-jum’at, yang jam kerjanya 08:05-16:00. Mana sabtu? Agar bisa tampil seperti gambar diatas, kita harus menambahkan, dengan cara klik add time, sehingga tampil gambar berikut.

Terdapat 2 kolom, yang sebelah kiri macam2 shift yang telah kita buat tadi, dan sebelah kanan, nama-nama hari. Pilih shift yang belum ada (tadi yang belum ada adalah hari sabtu), lalu pada kolom sebelah kanan, centang pada hari apa shift itu diberlakukan (shift sabtu ya berlaku hanya hari sabtu saja bukan!!). Kalau hari shift normal, berlaku untuk senin-jum’at.

31. Sedangkan untuk shift security tidak dimasukkan pada shift management, karena apa, karena security kerjanya rolling, jadi seumpama si A sekarang shift siang, besoknya shift malam, begitu seterusnya. Jadi, kalau kita menerapkannya pada shift managamenent, apakah anda mau mengedit jadwal/program setiap hari????

32. Langkah selanjutnya, menerapkan jadwal tersebut pada karyawan. Klik pada employee schedule.

33. Cara menerapkan jadwal yaitu klik pada department [pt uchiha] pada kolom sebelah kiri, dan akan terlihat seluruh nama karyawan pada kolom sebelah kanan. Klik nama karyawan terus tekan shift dan panah bawah untuk blok. Hal yang sangat perlu diperhatikan, adalah nama security. Dari kasus pt uchiha diatas, 3 orang sebagai security harus di unblok, jadi tidak dikenakan jadwal normal. Contoh sbb:

Selanjutnya, klik arrange shifts yang ada di kanan atas, hingga muncul gambar sebagai berikut:

34. Selanjutnya klik tombol “plus” dan muncul halaman sebagai berikut:

Pada halaman ini, edit time range, yaitu mulai kapan jadwal ini di terapkan/dipakai sampai kapan. Seperti gambar diatas, program ini digunakan untuk time range 01/01/2010 sampai 01/05/2010. Selesai, klik ok. Trus klik ok lagi jika jadwal memang sudah dirasa sudah benar. Dan akan muncul halaman akhir seperti berikut.

Perhatikan gambar ini dengan gambar no. 33. Disini terdapat perbedaan, yaitu pada samping nama karyawan, terdapat “shift” dengan kata-kata normal. Artinya, karyawan yang mempunyai embel-embel normal disampingnya, berarti sudah mempunyai jadwal “normal” seperti yang telah dibuat di awal.

Pertanyaannya, untuk security bagaimana? Untuk security, klik departement dimana security itu berada, dalam kasus diatas security ada di departement sekretariat dan umum, klik, dan akan terlihat 3 nama karyawan yang tentunya ada embel-embel normal. Ini harus dihilangkan, karena security tidak ikut jadwal normal. Caranya sebagai berikut.

Langkah 1 dan 2.

langkah 3

 

langkah 4

 

perhatikan perbedaan gambar langkah 4 dan 3…

 

langkah 5

 

 

Security memang tidak mendapat jadwal schedule, tapi untuk mendeteksi absen nya bisa di lihat di gambar sebelah kanan, penambahan jadwal [ditandai dengan warna] yg telah dibuat sebelumnya. Ini dibuat karena shift security selalu berubah-ubah, masak kita buat jadwal setiap hari, kan gak lucu..  wkwkwk…

 

langkah 6

 

 

 

Tambahkan timetable satu persatu seperti gambar diatas..

 

langkah 7

 

 

Nah, karin, sunade dan sakura sudah masuk, tanpa dikenai dengan rules absen [perhatikan perbedaan gambar langkah 7 dengan langkah 1.

Nah, disini, security sudah dikenakan jadwal untuk security, yaitu sc-p, sc-s, dan sc-m. Jadi, security TIDAK dikenakan jadwal normal, bisa dilihat seperti gambar diatas. Selanjutnya, atur time range dibawahnya, seperti yang pernah dilakukan tadi, hingga tampak seperti gambar berikut:

 

langkah 8

 

 

 

Dari sini semua langkah yang diperlukan sudah selesai. Silahkan diuji coba pada mesin absensi anda..

Akhirnya, posting ini saya tutup secara resmi tanggal 31/03/2012.  Semoga bermanfaat, sukses selalu..

  1. linta
    December 30, 2015 at 9:31 am

    bantu ya… saya sudah terlanjur daftar untuk jam kerja non shif senin-sabtu sebagai jam aktif kerjanya …setelah saya mau ubah ..ternyata gx bisa dan muncul keterangan “Periode jam kerja berikut tidak dapat ditambahkan. Karena jam kerja saling tumpuk atau interval jam kerja terlalu pendek” saya mohon bantuaanya. Terimakasih

  2. Thulu
    January 5, 2016 at 12:59 am

    Tolong dong, saat saya ingin mencetak laporan pada staff’s On-Duty/Off-Duty timetable. Kok g bsa muncul seperti biasanya!!!
    Ada tulisan “Unsupported FRF format”
    Apa maksudnya dan gimana cara ngatasinya???

    Makasie.

  3. Mawar
    January 27, 2016 at 2:25 am

    Mau tanya. Saat download data presensi di aplikasi, ada beberapa data karyawan yang tidak masuk ke aplikasi. Padahal jika di download manual di mesin finger print bisa. Kenapa ya?
    Terima kasih

  4. tobat
    January 30, 2016 at 12:07 am

    saya mau tanya klo akun usen lupa gimana caranya buat akun lagi

  5. Angin Topan
    February 6, 2016 at 3:38 am

    nama saya Topan, saya ada beberapa masalah dengan program attendance management saya, seperti shift panjang slalu muncul pemberitahuan “Your Shift Time is out of attendance rule that is the longest time zone and shortest time zone, system will delete this time zones”, padahal settingan jam kerja tempat saya adalah jam 7 pagi sampe jam 7 malam, shift 2 jam 7 malam sampe jam 7 pagi. bagaimana solusinya?
    yang kedua, saat saya setting jadwal kerja karyawan, tanggal dan bulan selalu terbalik balik, contoh: mau saya, saya setting tanggal 1 februari 2016 – 07 februari 2016, atau dalam tabel programnya adalah “from 01/02/16 to 07/02/16”, tapi jadwal kerja karyawan tidak muncul, setelah saya cek, tanggal tersebut berubah menjadi “from 02/01/16 to 02/07/16……stress saya tanggalan sak karepe dewe gini, hahaha, thx sebelumnya atas bantuannya

  6. MISNA
    February 10, 2016 at 3:51 am

    SAYA MISNA.., MAU TANYA DONK SY MAU NAMBAH DATA KARYAWAN TAPI KOK G BISA2 YA KET: DATA TYPE MISMATCH I CRITERIA EXPRESSION, MOHON PENJELANSANNYA TRIMA KASIH SEBELUMNYA…

  7. nana
    February 22, 2016 at 2:06 am

    Saya mau tanya, kalo fitur non aktif di data karyawan itu untuk apa ya? Dan apa itu maksudnya bisa di aktifkan lagi? Bagaimana caranya. Terima kasih

  8. Sophal Jamil
    February 25, 2016 at 1:13 am

    saya mau tanya, kenapa mesin tidak konek ke komputer, padahal ID mesin sudah sama dengan di komputer?

  9. dina
    March 2, 2016 at 5:06 am

    mohon bantuannya , apabila ada mesin finger di beberapa kota cabang kantor kami, bagaimana cara update agar karyawan bisa finger di manapun kota itu dengan skali pendaftaran. terimakasih

  10. March 5, 2016 at 5:00 am

    kalau boleh minta sama siapa aja yg punya. saya butuh driver mesin attendance msin sidik jari

  11. March 7, 2016 at 12:08 am

    klo yg mau driver nya download disini aja…

    http://klikload.com/software-attendance-management-2008/

  12. MFR
    March 11, 2016 at 3:06 am

    Sorry mau tanya, kalau ngekoneksi-in mesin absensi lewat flashdisk gimana tahap2 caranya yaa? (bkn import/eksport user dan log data dan bkn download/upload user dan log data) tp lebih ke koneksinya seperti koneksi lewat ethernet, karna sy jd tdk bs mengambil transaksi absen. Mohon Segera dibalas. Trima Ksh

  13. April 9, 2016 at 6:38 am

    tipe silicon bs 500 kok ga bisa diinstal tolong software dan tutorialnya gan… terima kasih

  14. yogi
    April 18, 2016 at 4:16 am

    maaf gan, kalo saat membuka laporan trus sudah dikalkulasi trus buka laporan harian muncul ” rmdAttday: field ‘leave_3’ not found” itu masalahnya dimana ya?? mohon bantuaanya

  15. awang
    April 22, 2016 at 1:52 pm

    saya sudah hubungkan ip adrees pc dengan ip adrees finger print, kenapa gak bisa di konek kan ya bos. mohon bantuan nya bos.thx

  16. May 1, 2016 at 12:54 am

    Mohon bantuannya gan..
    Saya sudah menginstall dari awal semuanya dan udah mendownload data dari fingerprint ke cpu tpi saat saya mau cetak absen dan ketika saya pilih nama perorangnya dstu tidak ada kapan mulai kerja,plgnya,dan jam lainnya…. tetapi kalau saya klik all name semua nya ada gan.. gmna solisanya gan.. mohon bantuannya…

  17. May 10, 2016 at 3:15 am

    mohon bantuannya ..
    kalo absen tidak perlu memilih dia masuk atau keluar , tetapi dia diatur dalam jam kerja ..

  18. Rizka
    May 22, 2016 at 2:36 am

    Mau tanya. Kalo untuk lembur tinggal di tambah di shift kerja atau gmn?

  19. sofjan
    May 30, 2016 at 1:35 am

    selamat pagi, boleh dibantu ya bagaimana cara memanggil data karyawan yang sudah terhapus, saya salah hapus nama nih. terima kasih

  20. syahril
    May 31, 2016 at 2:34 am

    kalau mau semua data yang ada dimesin gmn gan?

  21. syahril
    May 31, 2016 at 2:34 am

    klau mau hapus smua data yang ada dimesin gmn gan?

  22. dewa
    June 2, 2016 at 7:06 am

    ada yang bisa bantu sharing….komputer server nitgen attedance mengalami error. terus saya install lagi pada komputer lain untuk server absennya. bagaiman acara memindahkan backup data agar bisa terbaca kembali pada server yang baru tersebut. terimakasih

    • Yudha pratama
      June 11, 2016 at 11:03 pm

      Gan aplikasi attendance ini bisa dihubungkan dgn mesin absen prudock lain ga ya kayak produc finger spot gtu..trims

      • Yudha pratama
        June 11, 2016 at 11:06 pm

        Gan aplikasi attendace management ini bisa dgunakn dgn produc fingerspot gak??

        • tazeem
          July 22, 2016 at 3:13 am

          gak bisa gan, krna beda vendor…. musti diutak atik sama ahlinya dulu….

  23. mashu
    June 17, 2016 at 3:56 pm

    I need this info in English

  24. June 27, 2016 at 8:33 am

    kabel datanya tidak konek dengan PC/ laptop nya mas…gmn yah?
    jadi di attandace managementnya tidak bisa buat download data dari finger print.
    mohon pencerahannya mas…

  25. Merrhie
    July 12, 2016 at 1:04 am

    Pak saya mau bertanya…..Saya di kantor menggunakan Finger Print JM 180 U dan memorinya sudah penuh….Bagaimana cara menghapus data yang tersimpan di Memori tersebut agar bisa digunakan lagi finger printnnya? mohon bantuannya. Terima kasih

  26. July 19, 2016 at 1:22 am

    selamat pagi pak, mau tanya, kalau download sofware untuk mesin finger x100c dimna ya ? saat ini saya tidak bisa buka aplikasi karena komputer saya terkena virus dan smuanya hilang. mohon bantuannya

  27. tazeem
    July 22, 2016 at 3:11 am

    milik solution sedikit lebih ribet ya bang, saya utak atik sampai gk tidur (padahal deadline pemasangan), biasany saya pake punya magic m100 software attendance nya lbih mudah dicerna. untung ada postingan ini…. thanks

  28. wisnu
    July 25, 2016 at 4:32 am

    MESIN SAYA TAU2 KOK TERKUNCI TYPENYA BIO AT100…bagaiman cara buka kuncinya..ya….tlg dibantu..trims

  29. siska
    July 28, 2016 at 10:36 am

    maaf, mau nanya, bos saya minta supaya data attendance managementnya bisa d lihat lewat hpnya kapanpun dia mau soalnya dia jarang ada d tempat, itu bagaimana ya caranya? thanks

  30. July 29, 2016 at 6:03 am

    Min, untuk x-100c bisa buat access door jg g ya? ane mau beli disini nih http://www.tronika.co.id/shop/office-equipment/mesin-absensi-fingerprint/solution-x100c/

  31. fauzikamal
    August 3, 2016 at 8:49 am

    boleh di share dong, kira2 di mana saya bisa donlot untuk software attendence management nya ya? bisa kirim link nya ke mail saya jika berkenan di fauzikamal@gmail.com

  32. Wahyu
    August 22, 2016 at 2:00 am

    Nama saya Wahyu,Minta tolong dong cara edit jam SCAN karyawan, semisal dia scan Jam 7.45 dan di ganti jam 7.30 Bisa atau tidak,kemudian cara kita tarik data yang original belum pernah di edit gmana,mohon bantuannya untuk mengatasi Kecurangan dalam jam absen karyawan, terimakasih
    maretwahyu022@gmail.com

  33. Hery
    August 31, 2016 at 2:35 am

    lupa user dan password

  34. asim butt
    September 1, 2016 at 8:14 am

    i am having an error” data type mismatch criteria”
    what is the solution

  35. headmampet
    September 16, 2016 at 7:53 am

    mohon bantuanya agan2 yg punya / bisa upgrade colution x 100c agar bisa onlin adms cloud server,

  36. September 22, 2016 at 2:30 am

    Saya punya 2 mesin fingerscanner solution x100-c dan fingerspot Revo 151-BNC. Bagaimana cara memindahkan user dan sidik jari dari x100-c ke Revo 151-BNC? Adakah yang sudah pernah mencobanya?

  37. linda
    September 27, 2016 at 12:32 am

    apa masalahnya klo data yang ditarik dari mesin finger beberapa data pegawai tidak bisa terbaca di aplikasi attendance?

Comment pages
1 5 6 7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: