Home > all item > imbas grammar

imbas grammar

Beberapa waktu lalu baca koran jawa pos, tepatnya di bagian metropolisnya. Ada berita yang menyita perhatianku, yaitu tentang si ikin, si pembuat film pendek grammar suroboyo. Film pendek yang saya tahu jumlahnya ada 4 itu, merupakan film bersambung yang sama si ikin diikutkan berbagai even, dan memenangkan di sebagian kategori. Selengkapnya saya kurang begitu tahu.

Karena saya tinggalnya di surabaya, grammar surabaya ini begitu familiar, dan kata-kata ja***k  seperti sarapan pagi saja, hampir setiap hari kata itu di ucapkan. Entah itu dalam situasi panas [emosi], atau sekedar bahasa pelunak [nge les] untuk menyapa teman. Tapi yang jelas,kata ja***k ini menjadi trend dan gaya hidup, terutama di daearah surabaya.

Selebihnya, untuk mengetahui berbagai pengucapan yang tepat kata ja***k ini bisa klik disini.

Untuk referensi postingan ini, saya searching di google, dengan keyword kata ja***k, dan akhirnya mendapatkan video berikut ini.

Video ini menjelaskan reaksi masyarakat umum tentang kata ja***k, dan video ini di menit awal diterangkan diikutkan dalam jakarta international video festival.

Kembali ke kisah suro-boyo, ada videonya yang lumayan bagus, bagus di gambar, dan tentunya di cerita.

Kalau menurut kamu, tentang ja***k ini gimana?

Categories: all item Tags: ,
  1. December 30, 2009 at 8:03 am

    Apaan tuh kata ju***k gak ngerti dah.

    • December 30, 2009 at 8:12 am

      bisa dilihat di video diatas mas…

  2. December 30, 2009 at 11:57 am

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Punya beberapa temen dari suroboyonan, kata itu bagi mereka udah kayak lalapan saja. Dikitg2 pasti langsung meluncur…

  3. December 30, 2009 at 1:10 pm

    wah… kagak ngerti😆

    • December 31, 2009 at 11:01 am

      kok banyak yang gak ngerti se…

  4. December 30, 2009 at 6:25 pm

    saya tahu maknanya j****k kurang bagus sih..tapi sebenernya ndak tahu pasti artinya…😀

    • January 4, 2010 at 6:31 am

      muncul kata beginian kalau sedang emosi… sering digunakan mayoritas penduduk di jawa timur.. terutama surabaya…

  5. January 1, 2010 at 5:59 am

    ja***k apaan siy bro? videonya ga bisa dibuka niy😦

    • January 4, 2010 at 6:31 am

      berarti inet nya kurang cepat…

  6. January 1, 2010 at 10:10 am

    tapi di sktar rmahku kata jxxxxxk ini udah dicap jelek. .
    abouttechnology

  7. January 2, 2010 at 1:38 am

    Kata itu padahal ‘kan bermakna negatif ya…
    Tapi kok sekarang biasa digunakan tuk berbagai hal, sambil tersenyum menyapa kawan pun biasa menggunakan kata ini…

  8. January 2, 2010 at 6:03 am

    kata yang bermakna negatif itu sekarang udah mengalami penyimpangan makna, malah kadang gue ngelihatnya kata itu jdi sejenis ice breaker ckckck

  9. January 2, 2010 at 1:01 pm

    Assalamu’alaikum,
    Selamat Tahun Baru, semoga ditahun ini, semakin bertambah ketakwaan kita kepada Allah Swt, dan semoga kita bisa lebih sukses dari tahun sebelumnya. Maaf, saya lama absen ngeblog, jadi baru sempat balas kunjungan sekarang. (Dewi Yana)

  10. January 2, 2010 at 4:07 pm

    Di Palembang ga ada bahasa yang kek gitu😦 ya, iyalah

    • January 4, 2010 at 6:32 am

      kayaknya khusus jawa [timur] ja deh…

  11. January 4, 2010 at 12:21 am

    saya sering dapet komentar yang isinya banyak kata-kata j****k di postingan tentang supporter. gak ngerti artinya apa, tapi sepertinya kata-kata kasar. jadi saya masukin ke spam!:mrgreen:

  12. kepinghidup
    January 5, 2010 at 4:52 am

    Bahasa umpatan ya… memperkaya bahasa.. kalo sudah masuk youtube jadi ngetop kata itu..

  13. January 6, 2010 at 3:57 am

    ja***k itu kaya kata an***g buka sih!
    Menambah kata dalam KBBI niyh!🙂

  14. January 6, 2010 at 10:29 pm

    “Mereknya” memang umpatan. tapi untuk sebagian kalangan, terutama ketika konteks penggunaanya sesama teman yang sudah akrab, maka pemaknaanya berubah, justru akan terlihat ‘guyub’, akrab, dan mengesankan mereka saling kenal. IMO

  15. tary bailah
    January 8, 2010 at 8:46 am

    ja***k saya nggak tau ini kata-kata yang seperti apa??

  16. sunflo
    January 8, 2010 at 7:18 pm

    menurutku??? tutup kupiiiiiiiiiiiiiiiiing… dont wanna hear it! (bagi org solo kek aq nie…hehehe)

  17. January 13, 2010 at 8:42 am

    banyak memang kata2 yg digunakan di surabaya, yg barangkali utk orang daerah lain terdengar tdk sopan, namun mereka mengatakannya dgn gaya lelucon, jadi malah terdengar bersahabat.
    tdk hanya J*****k, kadang ada juga Di****t atau Di*****o……………….
    itulah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
    tiap daerah punya ciri khas sendiri2.
    menandakan kekayaan budaya kita.
    salam.

  18. January 24, 2010 at 12:01 pm

    mas gmana cara postingin video ke blog kita
    terimaksih sebelumnya
    kabari ya

  19. May 28, 2010 at 12:10 pm

    klo di tempat saya kata2 yg agak ‘misuh’ itu sudah jadi bahasa sehari2..malah seperti sayur tanpa garam klo gk denger kata2 itu..ho2…

  20. November 5, 2014 at 8:29 am

    imbas gambarnya bagus sekali

  21. April 22, 2015 at 3:33 am

    keren sekali imbas gambarnya makasih infonya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: