Home > tips/trick > attendance management [software mesin absensi sidik jari]

attendance management [software mesin absensi sidik jari]

[update tanggal 31 maret 2012/complete]

Satu bulan ini tidak bisa update blog, maupun blogwalking, dikarenakan karena lagi kumat malesnya, selain itu juga lagi ada kerjaan masang finger print di beberapa kota. Bagi yang belum mengetahui apa itu finger print, akan saya bahas disini, dengan tujuan supaya jika anda menggunakan/mengoperasikannya, hardware maupun software, dan mengalami kesulitan, beberapa pembahasan saya dibawah nanti bisa membantu.. semoga..

Finger print yang saya gunakan merk nya primatech F10, dengan software yang namanya attendance management versi 2008. Lakukan instalasi seperti biasa, next, next dan next terus sampai selesai. Setelah itu, buka program yang barusan di instal, dengan klik 2x attendace management yang ada di dekstop. Muncul peringatan [system information], hapus centang, dan tekan ok.

Setelah itu akan muncul halaman utama software attendance management 2008 seperti diatas. Langkah selanjutnya, kita buat contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga 1> jam 6 pagi sampai jam 2 siang  2> jam 2 siang sampai jam 10 malam  3> dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Langkah persiapan:

1. pastikan semua karyawan sudah terdaftar di mesin finger print

Cara pendaftarannya bisa dilihat di tabel berikut ini:



2. cek apakah nama karyawan sesuai dengan no id nya
3. buat kabel cross, panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
4. pastikan IP addressnya, tidak bentrok dengan ip finger [192.168.1.201]. Untuk men setting IP address, bisa klik tombol start, control panel, network connection, local area connection. Nah, pada local area connection, klik kanan, properties. Disitu terlihat kotak yang ada centang nya, pilih atau klik internet protocol (TCT/IP), trus klik properties. Selanjutnya akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Pada kotak IP address isikan no IP yang berbeda dengan finger. Jika mesin finger default [otomatis] no IP nya 192.168.1.201, maka sebagai contoh bisa diisikan no 192.168.1.20.
Dibawahnya,klik subnet mask, yang secara otomatis akan keluar angka 255.255.255.0. Klik ok. Jangan lupa, setelah ok, centang “show icon in notification area when connected”. Trus klik ok lagi. Tujuannya agar kita tahu apakah mesin finger dan komputer/laptop sudah konek dengan baik atau tidak.

Langkah-langkah selanjutnya:
1. buka program attendance, disebelah kiri, ada 4 kolom penting, yaitu machine, maintenance/options, employee schedule, dan data maintenance. Jadi, focus untuk setting keseluruhan program attendance management focus pada 4 option penting tadi.

Dalam tabel maintenance/options, pilih [klik] departement list

Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

2. muncul halaman departement management. Langkah selanjutnya, buat nama perusahaan beserta sub divisi2 nya/ atau departemen.
3. nama default disitu bisa direname, lalu bisa ditambahkan dengan klik “add”, “delete” untuk menghapus, “rename” untuk mengganti nama, dan “employee” untuk menambahkan karyawan pada setiap divisi/departement.

nah, berdasar kasus diatas, nanti akan terlihat seperti berikut:

4. setelah itu, hubungkan mesin finger print dengan computer, dan jangan lupa, ip address tidak boleh sama dengan ip finger
5. kembali ke halaman depan program attendance, pada tabel paling atas sebelah kiri, tepatnya di tabel machine, klik download user info and fp

Lihat gambar berikut ini:

Dan nantinya akan muncul halaman berikut:


6. centang all user, browse, dan klik download [centang juga download finger print data]
7. setelah proses berjalan, akan terlihat jumlah id yang sudah di daftarkan sebelumnya.
8. tutup halaman ini, dan kembali ke halaman depan program attendance, di tabel ke dua dari atas, tepatnya tabel maintenance/options, klik employees. Seperti gambar berikut.

9. akan terlihat nama pt dan sub divisi yang telah di buat, klik pada nama perusahaannya [dalam contoh pt uchiha] untuk melihat seluruh karyawan yang sudah di daftarkan pada mesin.
10. cocokkan id yang tertera. Setelah itu edit id tersebut sesuai keperluan. Misalnya id no 1 [AC no.] di kasih nama madara, gender laki-laki, dan seterusnya.

sampai disini bisa mengikuti?

11. setelah meng edit pencocokan id karyawan dan memberi nama, selanjutnya memindah karyawan2 tersebut ke sub divisi masing2
12. buka halaman depan program attendance, dan pilih departement list

13. klik pada pt uchiha [contoh] dan selanjutnya klik icon employeed, dan akan terlihat gambar berikut. 14. terdapat dua kolom, yang sebelah kiri kolom employee dan kanan our departement’s employees
15. blok semua nama karyawan dalam tabel sebelah kanan, dan klik remove. selesai, klik close
16. kembali ke departement management, klik divisi paling atas, dalam contoh kepala cabang. setelah itu klik employee. pilih nama kepala cabang di kolom sebelah kiri, lalu klik “add” agar pindah ke sebelah kanan. selesai “close”
17. lakukan hal yang sama pada masing2 divisi/departement, sampai tabel employee disebelah kiri kosong [tanpa nama karyawan]. selesai, close

lihat gambar berikut:

18. langkah selanjutnya, upload user info. pada halaman awal program attendance, pada kolom/tabel paling atas sebelah kiri, klik upload user info and FP [gambar no 5], selanjutnya akan muncul halamat berikut:

19. Klik PT UCHIHA, sehingga nama karyawan akan muncul di kolom tengah. Selanjutnya, centang user info, dan fingerprint yang ada di pojok kiri bawah. Terakhir, klik upload.
20. tujuan peng upload an ini supaya karyawan pada waktu melakukan absensi, namanya bisa muncul pada layar display mesin finger print. Tapi, nama yang tampil dibatasi 8 karakter saja.
21. dari sini, cek semua langkah2 yang dilakukan, apakah sudah benar atau belum, terutama cek absen di mesin fingerprint, apakah sudah keluar nama yang sesuai.

dari sini ada yang belum jelas?? baca baca baca

22. Sekarang kita melangkah ke tahap yang lebih sulit, yaitu pembuatan jadwal dan penerapannya pada shift karyawan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik maintenance timetables, seperti gambar  berikut:

23. Muncul menu system information, klik ok, sehingga halaman selanjutnya tampak sebagai berikut:

24. Perhatikan 2 option pilihan model jam kerja diatas. Pilih option yang paling atas, lalu masukkan jam kerja, yaitu jam masuk kerja, dan jam pulang kerja. Selesai, klik next, dan muncul gambar seperti di bawah ini.

25. Pada halaman ini, anda harus memasukkan jam kerja yang lebih detail.
•    Start c/in: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    End c/in: jam dimana karyawan terakhir diperbolehkan melakukan absen masuk.
•    Start c/out: jam dimana karyawan sudah diperbolehkan melakukan absen pulang.
•    End c/out: jam dimana karyawan terakhir melakukan absen pulang.
•    Must c/in dan must c/out harus dicentang agar karyawan supaya bisa terhitung kerja 1 hari, harus melakukan absen masuk, dan pulang. Selesai, klik next.

26.  Terdapat 2 pertanyaan.

  • Yang pertama, berapa menit setelah jam kerja dimulai yang dihitung sebagai keterlambatan. Ex, kita masuk jam 8 pagi, toleransi 5 menit. Kita absen jam 08:04, maka, kita akan terhitung masuk, tapi tidak terhitung terlambat. Sedangkan kalau kita absen jam 08:06, maka kita akan terhitung terlambat 6 menit dari batas toleransi. Bukan 1 menit.
  • Yang kedua, berapa menit sebelum jam kerja berakhir, terhitung sebagai pulang lebih awal. Ex. Jadwal kantor kita pulang nya jam 16:00. Toleransi boleh melakukan absen pulang 5 menit sebelumnya, yaitu kalau dihitung jam 15:55 sudah boleh absen. Tapi, kalau kita melakukan absen jam 15: 50, kita terhitung pulang lebih awal. Selesai, klik next.

27. Muncul halaman konfirmasi, centang option pertama [biarkan yang kedua tetep kosong], dan klik finish.

Perlu diingan, jadwal yang kita buat tadi, masih bisa di edit di langkah selanjutnya, jadi jika terlanjur melakukan kesalahan entry data, jangan kuatir, yang akan terlihat seperti halaman berikut.

Nah, dari sini perlu saya ingatkan kembali, bahwa tutorial ini mengikut contoh kasus sebagai berikut:

Sebuah PT. Uchiha yang memiliki 6 divisi/departement,

diantaranya: kepala cabang, keuangan dan sdm, litbang, pemasaran, produksi, sekretariat dan umum.

Dan jam kerja nya sebagai berikut:

masuk jam 8 pagi pulang jam 4 sore [berlaku senin-jum’at], masuk jam 8 pagi pulang jam 1 siang [berlaku hari sabtu saja].

Sedangkan untuk security, yang berjumlah 3 orang, berjaga bergantian selama satu minggu penuh, dengan jam jaga

  • jam 6 pagi sampai jam 2 siang
  • jam 2 siang sampai jam 10 malam
  • dan jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

Sehingga saya harus membuat 5 macam jam kerja, diantaranya:

  • normal: jam 08.00-16.00 berlaku senin-jum’at
  • sc-p: security pagi jam 06:00-14:00
  • sc-s: security siang jam 14:00-22:00
  • sc-m: security malam jam 22:00-06:00
  • sabtu: jam 08:00-13:00 berlaku hanya untuk hari sabtu.

Untuk contoh pengisian entry data pada halaman shift timetabless maintenance, bisa dilihat seperti gambar diatas.

28. Setelah pengisian data jam kerja diatas, langkah selanjutnya adalah menerapkan jadwal yang telah dibuat untuk durasi satu minggu penuh. Klik shift management seperti gambar berikut.

29. Akan terlihat 2 kolom, sebelah kiri shift, dan sebelah kanan shift time period. Seperti halnya gambar diatas, klik normal, lalu edit. Lalu isilah beginning date sesuai mulai kapan jadwal ini akan diberlakukan atau diterapkan, selesai save.

30. Selanjutnya, pada shift time periode, terlihat jadwal yang ada hanya senin-jum’at, yang jam kerjanya 08:05-16:00. Mana sabtu? Agar bisa tampil seperti gambar diatas, kita harus menambahkan, dengan cara klik add time, sehingga tampil gambar berikut.

Terdapat 2 kolom, yang sebelah kiri macam2 shift yang telah kita buat tadi, dan sebelah kanan, nama-nama hari. Pilih shift yang belum ada (tadi yang belum ada adalah hari sabtu), lalu pada kolom sebelah kanan, centang pada hari apa shift itu diberlakukan (shift sabtu ya berlaku hanya hari sabtu saja bukan!!). Kalau hari shift normal, berlaku untuk senin-jum’at.

31. Sedangkan untuk shift security tidak dimasukkan pada shift management, karena apa, karena security kerjanya rolling, jadi seumpama si A sekarang shift siang, besoknya shift malam, begitu seterusnya. Jadi, kalau kita menerapkannya pada shift managamenent, apakah anda mau mengedit jadwal/program setiap hari????

32. Langkah selanjutnya, menerapkan jadwal tersebut pada karyawan. Klik pada employee schedule.

33. Cara menerapkan jadwal yaitu klik pada department [pt uchiha] pada kolom sebelah kiri, dan akan terlihat seluruh nama karyawan pada kolom sebelah kanan. Klik nama karyawan terus tekan shift dan panah bawah untuk blok. Hal yang sangat perlu diperhatikan, adalah nama security. Dari kasus pt uchiha diatas, 3 orang sebagai security harus di unblok, jadi tidak dikenakan jadwal normal. Contoh sbb:

Selanjutnya, klik arrange shifts yang ada di kanan atas, hingga muncul gambar sebagai berikut:

34. Selanjutnya klik tombol “plus” dan muncul halaman sebagai berikut:

Pada halaman ini, edit time range, yaitu mulai kapan jadwal ini di terapkan/dipakai sampai kapan. Seperti gambar diatas, program ini digunakan untuk time range 01/01/2010 sampai 01/05/2010. Selesai, klik ok. Trus klik ok lagi jika jadwal memang sudah dirasa sudah benar. Dan akan muncul halaman akhir seperti berikut.

Perhatikan gambar ini dengan gambar no. 33. Disini terdapat perbedaan, yaitu pada samping nama karyawan, terdapat “shift” dengan kata-kata normal. Artinya, karyawan yang mempunyai embel-embel normal disampingnya, berarti sudah mempunyai jadwal “normal” seperti yang telah dibuat di awal.

Pertanyaannya, untuk security bagaimana? Untuk security, klik departement dimana security itu berada, dalam kasus diatas security ada di departement sekretariat dan umum, klik, dan akan terlihat 3 nama karyawan yang tentunya ada embel-embel normal. Ini harus dihilangkan, karena security tidak ikut jadwal normal. Caranya sebagai berikut.

Langkah 1 dan 2.

langkah 3

 

langkah 4

 

perhatikan perbedaan gambar langkah 4 dan 3…

 

langkah 5

 

 

Security memang tidak mendapat jadwal schedule, tapi untuk mendeteksi absen nya bisa di lihat di gambar sebelah kanan, penambahan jadwal [ditandai dengan warna] yg telah dibuat sebelumnya. Ini dibuat karena shift security selalu berubah-ubah, masak kita buat jadwal setiap hari, kan gak lucu..  wkwkwk…

 

langkah 6

 

 

 

Tambahkan timetable satu persatu seperti gambar diatas..

 

langkah 7

 

 

Nah, karin, sunade dan sakura sudah masuk, tanpa dikenai dengan rules absen [perhatikan perbedaan gambar langkah 7 dengan langkah 1.

Nah, disini, security sudah dikenakan jadwal untuk security, yaitu sc-p, sc-s, dan sc-m. Jadi, security TIDAK dikenakan jadwal normal, bisa dilihat seperti gambar diatas. Selanjutnya, atur time range dibawahnya, seperti yang pernah dilakukan tadi, hingga tampak seperti gambar berikut:

 

langkah 8

 

 

 

Dari sini semua langkah yang diperlukan sudah selesai. Silahkan diuji coba pada mesin absensi anda..

Akhirnya, posting ini saya tutup secara resmi tanggal 31/03/2012.  Semoga bermanfaat, sukses selalu..

Advertisements
  1. yuppy
    July 19, 2012 at 1:40 am

    gan tolong penjelasannya segera please…aku butuh banget ni

  2. July 31, 2012 at 1:18 pm

    Informasi menarik boz..
    bisa untuk inspirasi..
    terima kasih..

  3. August 24, 2012 at 7:14 am

    penjelasannya sangat gamblang..
    terima kasih kawan..

  4. dadan
    August 27, 2012 at 2:22 am

    Saya ada absensi dengan mengunakan sofware Attendance Managemen, dulu di instal di PC, sekarang instalasi pingin pindah ke laptop, karena sofware hilang, dimana saya dapat membeli sofware untuk instalasi?
    t1

  5. dodi
    August 30, 2012 at 3:15 am

    ada yang tahu cara upload data prensensi nya ke mesin abasen ga?

  6. October 1, 2012 at 8:30 am

    Allhamdulillah and thank’s banget atas infonya.

  7. david82
    October 23, 2012 at 12:25 pm

    softwarenya ada gak boss? klo ada dikasih link donlotnya donk…….

  8. uL
    October 27, 2012 at 5:14 am

    mau tanya dong , kalo untuk software Attendance Managemen bisa ga di instal di satu komputer tetapi untuk membaca dua absen finger yang berbeda..?

  9. tresna
    October 29, 2012 at 1:26 pm

    prmisi, mau nanya.. sya kan uda install tuh aplikasi nya tp pas di sambungin ke mesin FP gagal terus, uda coba via serial sma ethernet juga sma gagal. itu knpa ya?

    • tresna
      October 29, 2012 at 1:27 pm

      oya lupa, mesin FP nya pke yg tipe x100c

  10. heru
    November 20, 2012 at 8:51 am

    klo mau donlot log untuk 2 mesin atau lebih secara bersamaan bisa gak ya ,, mohon penjelasannya terimakasih .

  11. batax
    November 27, 2012 at 10:14 am

    kalau mw hard reset gimana yah, bisa gak di hard reset krn password adminnya lupa neh perangkatnya dan IP nya juga lupa neh.. tq

  12. rohman
    December 6, 2012 at 1:33 am

    gimana caranya gan,,kalau data base untuk sidik jarinya sudah full

  13. anjahlien
    February 8, 2013 at 1:39 am

    mas, minta tolong ketika mau ngabsen keluar tulisan “tempat tidak tersedia” mohon petunjuknya, trims

  14. KRISTIN
    February 13, 2013 at 2:21 am

    PAK MAU TANYA….
    MESIN ABSENSI DI TEMPAT KERJA SAYA,TERKUNCI,GIAMANA KALAU MAU AKTIF LAGI,SOALNYA AWALANYA MANGER MESIN ABSENSI TDK DI KUNCI,TERUS SAYA BUKA MENU,TRS GANTI PASWORD,DAN TERNYATA SETELAH SY PILIHAN OK,MAU BUKA MENU LAGI MASUK MENU TERUS MANGER LOGIN GA BISA DI GUNAKAN,PADAHAL MANGER ABSENYA SAYA,TPI TETAP PILIHAN PRESS AGAIN TERUS,ITU GIMANA KALAU MAU AKTFIN LAGI PAK.TERIMA KASIH

    • Wawan Setiawan
      July 1, 2017 at 3:38 am

      Masalah nya hampir sama gan… saya mau buat password, saya cancel tapi setelah direstart, muncul password dan saya tidak bisa masuk dengan password yang tadi coba disetting. ada solusi reset password nya ga ya?

  15. Erick
    February 14, 2013 at 11:25 am

    PAK MAU TANYA :BAGAIMANA CARA MENGUNCI MESIN FINGERPRINT SUPAYA TIMER NYA GAK BISA DI OTAK-ATIK
    TERIMAKASIH…..

    Mohon Pencerahannya…..

  16. arifahummulhasanah
    February 19, 2013 at 12:24 am

    bisa ga sidik jari dengan kartu RFID digbung? jadi.. karywan bisa gunakan krtu dan sidik jari.. masalhnya bro.. bos ane minta pake kartu RFID jg.. gmn caranya??

  17. arief jw
    February 21, 2013 at 8:02 am

    mas mohon bantuannya donk, cara mengunci mesin FP gimana yah?
    terimakasih

  18. vera butarbutar
    February 21, 2013 at 8:46 am

    mas, untuk delete daftar karyawan dari reportnya gmna ya? kita sudah delete di staffernya tapi di reportnya masih aja muncul.
    terima kasih

  19. atiksartika
    February 26, 2013 at 1:56 am

    mas saya mau tanya dong.. di perusahaan saya menggunakan fingerprint fp 2300
    tp tidak bisa konek ke pc so yg sy pakai win 7. padahl semua settingan sudah benar semua
    itu gimana ya mas

  20. papoe
    March 1, 2013 at 1:54 am

    Bagimana cara mengatasi apabila dipakai ceklok bunyi mesin finger memori penuh? trims

    • Tanya Saja
      June 12, 2013 at 3:07 am

      di apus bos data log dimesin

      • zuli
        February 24, 2017 at 6:35 am

        CARANYA GIMANA YA GAN,

  21. Gino
    March 1, 2013 at 6:00 am

    Gan, saya baru pake mesin absensi sidik jari, tp setelah masukan data ga bisa lagi ke menu, mohon penjelasannya gan penting

  22. March 2, 2013 at 3:37 am

    klo mau download sofwarenya dimna ya?
    mohon banruannya

  23. rakha
    March 17, 2013 at 5:56 pm

    klik http://www.absensidikjari.co.id ada link software absen

  24. levy
    March 18, 2013 at 9:45 am

    versi sw attendance management program saya ver 4.8.5 build 141 sdk version 6.2.4.0 instal di winxp… awal tidak ada masalah tapi baru2 ini program tsb tidak bisa saya buka sama sekali. sudah coba instal ulang (di direktori yg beda) tapi tetap aja gak bisa di buka. klo pas saya buka (klik 2kali) sambil di liat di task manager, muncul process att.exe yg cuma dlm 1 detik ngilang lagi… oya, antivirus juga sudah saya matikan semua… kira2 solusinya apa yah gan…?

    • Tanya Saja
      June 12, 2013 at 3:05 am

      sudah di coba cleen install? setalah uninstal folder di program file msh melekat.

  25. March 20, 2013 at 4:49 am

    bagaimana yea attendance saya setingan sudah, kemudian Jaringan LAN sudah koneksi tapi saat saya ingin mengoneksikan dia tidak mau koneksi gagal, apa masih ada setingan yang belum dilakukan?? tolong bantuannya..

    • Tanya Saja
      June 12, 2013 at 3:06 am

      type mesin apa? coba cek password komunikasi di mesin

  26. September 2, 2013 at 2:39 am

    Salam kenal gan,

    Saya mau bertanya gan, saya memakai software attendance management yang sama dengan yang agan jelaskan diatas. Software tersebut sudah running secara normal tapi beberapa hari ini sering keluar error “data type mismatch in criteria expression” kalau saya klik “Download attendant logs”. Saya coba re-install program tersebut tapi error-nya tetap keluar.Kalau boleh mohon informasinya untuk cara perbaikannya gan.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  27. Anastasia
    October 7, 2013 at 2:54 am

    Selamat pagi.. saya pakai finger print Secure SE-21 sebelumnya sudah pernah dipakai, berhubung ganti PC otomatis programnya diinstal ulang di PC baru.. yang jadi pertanyaan saya kenapa data backup nya tidak bisa terdeteksi/di baca ya? di PC yang baru..

  28. Hendrik TB
    October 8, 2013 at 4:04 am

    permisi gan, need help…kita ada lakukan reset data di mesin lalu setelah reset tersebut kita coba login ke aplikasi attedance V2008 dan hasilnya tidak bisa login. mohon bantuannya gan apa nama table untuk hapus log paswornya…?saat ini kita bisa cek di database acces tidak tau dimana table yang utk hgapus table login pwd’nya…thx gan.

  29. kurniawan
    October 12, 2013 at 4:23 pm

    mas…sy menggunakan mesin fingerprin secure S-IP, sebaiknya menggunakan software apa mas..mksh

  30. Josh
    October 17, 2013 at 5:17 am

    Mesin Manajemen Absensi seperti ini
    Merk Solution
    Version 4.8.5 Build:144-01
    SDK Version 6.2.4.0

    Masalah yang kutemui :

    1. Tidak mendukung jam istirahat

    2. Tidak bisa buat Mounthly Schedule Outlet (misalnya seperti jam kerja karyawan McDonald’s)

    3. Tidak bisa buat shift ganda yang berubah tiap harinya

    4. Tidak ada proteksi password Admin di mesin, sehingga data bisa dihapus oleh mereka yang tidak berhak.

    5. Pengambilan data harus terkoneksi dengan komputer, tidak bisa langsung dari mesin via usb atau memory lain.

    6. Laporan dari tampilan aktif tidak bisa dibuat lanscape

    Terima kasih

    • December 19, 2013 at 9:48 am

      betul banget tuh bos yang di infokan oleh bapak josh lebih baik berhati hati dalam membeli mesin absensi , sebelumnya cek dulu softwarenya dan kalo perlu minta software demo versionnya kalo mereka tidak berani memberikan software demo version berarti software bawaan pabrik dan kerugiaannya jika software bawaan pabrik suatu saat mau custom tidak akan bisa.

  31. Siswo Nugroho
    October 23, 2013 at 4:56 am

    dimana saya bisa download softwarenya mas??

  32. yesman
    October 24, 2013 at 4:32 am

    mas saya mau tanya ini saya pakai mesin interactive x1500
    saya kan mau upload data karyawan yang baru dari pc
    sebelumnya sudah ada datanya di mesin
    dan saat saya edit data karyawan tersebut dr pc
    dan saya ingin upload ke mesin
    data yang lama masih kesmpan sedangkan data yang baru numpuk
    pas karyawan tersebut absen tampilan yang ada dimesin masih berupa data yang lama

    solusinya gimana nih bro?
    saya juga mau tanya cara buat reset semua data yang ada dimesin gimana ya?
    biar jadi clear lagi

  33. arie
    November 8, 2013 at 9:41 am

    mas mau nanya ko ke menu minta pasword admin 1, uda msukin 1 minta sidik jari

    • giga.comp
      December 2, 2013 at 11:44 am

      sm nih gan kasusnya sm punya saya.dah nemu caranya blm gan?

  34. November 11, 2013 at 4:53 am

    Mantaf infonya gan, kebetulan klien pakai nih software, tambah ilmu deh.

  35. hendra gedon
    November 28, 2013 at 8:38 am

    salam kenal
    saya mengalami masalah sama mesin fingerprint
    pada saat mau download attendance log muncul error
    “data type mismatch in criteria expression”
    trs pas mau milih report dari tanggal 1-18 nopember,tpi yg muncul dari tgl 1-13 saja,..
    knpa ya bsa muncul error seperti itu??
    terima kasih mohon bantuanya

  36. giga.comp
    November 30, 2013 at 12:27 pm

    br beli mesin absensi bekas lwt ol,tp syg mesinnya msh keprotect admin.apakah mesinnya msh bs dipakai ya?tlg gan bantuannya

    • soni
      January 3, 2014 at 11:37 am

      kalo pakai merk fingerplus setau saya ada menu hapus adminnya di dalam softwarenya.
      Kalo merk lain sepertinya tidak ada menu hapus adminnya

  37. aden
    December 11, 2013 at 2:18 am

    mau tanya, kalau sudah absen tapi tidak terbaca di mesin absen, absen melewati waktu pulang, itu knp?

  38. JOSE
    December 19, 2013 at 8:50 am

    gan PC saya baru saja mengalami kerusakan , ganti pC lagi dan software nya download nya dmna ya ???

  39. January 3, 2014 at 10:51 am

    Bagaimana kalau data dalam mencetak hasil absensi ternyata ada yg over time, sehingga beberapa pegawai tdk bsa terdeteksi kehadirannya,
    mhn bantuan nya

    • soni
      January 3, 2014 at 11:36 am

      itu berarti softwarenya tidak support lewat hari misal lembur sampai setelah jam 12 malam. Kalo di kantor saya sih tidak pernah ada masalah . untuk info kantor kami pakai merk FingerPlus

Comment pages
  1. January 7, 2013 at 8:46 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: