Home > tips/trick > Proteksi Flashdisk

Proteksi Flashdisk

ducati_drive_front1Siapa yang tidak mengenal flashdisk. Media storage ini sudah sangat familiar sekali di kalangan umum, apalagi di Surabaya baru-baru ini, bisa mendapatkan flashdisk (fdisk) dengan gratis asal menukar kupon masuk di Gramedia Expo. Tidak tanggung-tanggung, fdisk yang diberikan berkapasitas 2 GB. Ini adalah suatu hal yang bagus, sehingga nantinya masyarakat tidak “katrok” akan teknologi yang perkembangannya sangat pesat.

Seiring dengan penggunaannya, fdisk yang difungsikan untuk tempat menyimpan data, mempermudah kita untuk dibawa kemana-mana. Ukurannya yang kecil, bisa sangat mudah kita menyimpannya. Data komputer di rumah pun bisa kita buka di komputer kantor atau warnet-warnet terdekat, atau terserah kita mau kita buka dimana. Tapi, yang sering dilupakan adalah kurang perhatiannya kita akan keamanan fdisk kita dari virus.

Gimana untuk menjaganya? kalau kita cuma men scan fdisk dengan antivirus di komputer tidaklah cukup, karena virus fdisk yang kita gunakan tentunya tidak akan digunakan di satu komputer bukan?

Di salah satu blog yang selalu saya kunjungi, yaitu ebsoft.web.id, ada pembahasan tentang hal ini. Salah satu cara melindungi flashdisk dari virus adalah dengan  membuat file dummy di dalamnya. Apa itu file dummy dan bagaimana membuatnya? usb-flash-disk-mb

File dummy adalah file buatan atau “file boneka” yang isinya bisa apa saja atau bahkan kosong. Yang penting ukurannya sesuai dengan ukuran memory/space yang tersisa di flashdisk. Dengan begitu, flashdisk akan penuh berisi data dan tidak ada space kosong didalamnya.

Dengan penuh-nya flashdisk (tidak ada free space), maka otomatis tidak akan bisa ditambah atau ditulisi data, termasuk modifikasi file-pun tidak bisa (seakan-akan ada fitur write-protected). Sehingga cara ini bisa menjadi alternatif untuk mencegah (mengurangi kemungkinan) virus menginfeksi/menduplikasi diri ke flashdisk. Kemudian jika kita ingin menggunakan untuk menyimpan file, maka kita tinggal menghapus file dummy ini.

Membuat file dummy dengan Command Prompt

Di Windows, kita bisa menggunakan tool yang namanya fsutil. Fsutil ini mempunyai banyak fungsi yang salah satunya untuk membuat file baru dengan ukuran tertentu. Untuk membuat file seukuran dengan free space yang tersedia, maka ikuti langkah berikut :

1. Sebelumnya, untuk mengetahui berapa free space yang tersedia, klik kanan drive (flashdisk) dan pilih Properties. Akan terlihat ukuran space yang masih tersedia dalam bytes (Free Space).

file-dummy2. Buka Command Prompt (All Programs > Accessories > Command Prompt

3. Ketikkan perintah seperti berikut
fsutil file createnew "D:\file-dummy.dat" 1234567

4. Setelah itu tekan Enter, maka akan muncul informasi file dummy telah dibuat

file-dummy-dos

Penjelasan: D:\file-dummy.dat merupakan file yang akan dibuat ( jika ada spasi, gunakan tanda petik) dan 123456 merupakan ukuran file yang akan dibuat. Jika berhasil, akan di hasilkan file dengan ukuran yang telah dimasukkan dan proses ini relatif sangat cepat.

Cara lainnya:

1. Jalankan Dummy File Maker dari lokasi dimana akan dibuat file dummy, misalnya di flashdisk

dummy-file-maker2. Isi nama file yang diinginkan (File name) atau klik tombol “Random” untuk membuat nama file acak.

3. Pilih opsi “Using all free space in current drive” untuk membuat ukuran file sesuai dengan space yang tersedia.

4. Pilih “Place file in sub folder” jika ingin menempatkan file di sub folder sesuai dengan nama file

5. Klik tombol create

6. Selesai

Catatan: Jika ukuran file yang ingin dibuat (free space) sangat besar ( mungkin ratusan MB atau lebih dari 1 GB), ada baiknya dibuat file-file dummy yang kecil. Karena mungkin windows explorer akan telihat hang ketika mengakses file yang cukup besar.

Cara ini tidak menjamin sepenuhnya aman, karena bisa saja virus menghapus file-file di flashdisk dan menginfeksinya. Tetapi dengan cara ini minimal kita bisa mengurangi resiko flashdisk terinfeksi virus atau diisi data oleh program atau orang lain. Jika flashdisk sudah mempunyai fitur write-protected dengan adanya saklar, tombol dsb, maka menggunakan fitur tersebut tentu akan lebih baik.

download dummy maker (16kb)

source: ebsoft.web.id

  1. March 1, 2009 at 6:27 pm

    kalo proteksi hard-disk, gimana ya?

    • March 2, 2009 at 2:40 am

      karena hdd biasanya storage dan os system, jadi lebih baek dikasih software pendukung proteksi, salah satunya deep freeze..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: