Home > mobile > HTC Touch HD

HTC Touch HD

htc-touch-hd-03

High Tech Computer Corp (HTC) kembali meluncurkan produk terbaru dari seri Touch, HTC Touch HD. Produk HTC selama ini selalu dianggap sebagai pesaing ketat produk iPhone miliki Apple. HTC bahkan sudah merilis Touch sebelum Apple meluncurkan generasi pertama iPhone. Ponsel cerdas ini diklaim kaya akan fitur hiburan dan koneksi internet yang super cepat. Perangkat penuh gaya ini bisa terhubung dengan koneksi internet 3,5G karena memiliki kemampuan teknologi jaringan HSDPA. Alhasil, kecepatan yang bisa diraih Touch HD maksimal 7,2 Mbps. Dengan kecepatan tersebut Touch HD mampu mengunduh hingga 18 kali  lebih cepat dibanding koneksi 3G biasa. Selain itu, pengguna juga dengan mudah bisa browsing situs favorit serta mencari dan memutar video streaming dari YouTube dengan tampilan layar sentuh 3,8 inci. Hadir dengan kamera 5MP autofocus, ponsel cerdas ini menggunakan sistem operasi Windows Mobile 6.1 Professional. Dengan berat 147gram, Touch HD juga memiliki kontrol perangkat TouchFLO 3D dan koneksi internet Wi-Fi. Ponsel cerdas Touch HD baru akan tersedia dipasaran mulai Desember 2008 dengan kisaran harga US$950 atau sekitar Rp 9,5 juta. Paket ritel HTC Touch HD sudah dilengkapi dengan memory card 8GB microSD.

plus-minus:

Kalau dilihat sepintas, produk HTC ini sebenarnya tak terlalu terlihat ‘wah’. Namun dengan desain sederhana ini, Touch HD justru terlihat sangat menarik. Hitam masih menjadi pilihan warna dari produk HTC kali ini. Bahkan sampai logo HTC dan tombol kendali yang ada di bawah layarnya pun dibuat berwarna abu-abu sehingga terlihat seolah menyatu dengan bodi smartphone ini. Hanya ada empat tombol saja yang ada di bagian bawah smartphone ini, selebihnya harus dioperasikan lewat layar sentuhnya. HTC Touch HD Dan salah satu yang menjadi nilai lebih dari ponsel ini memang adalah layarnya.

htc-touch-hd-02

HTC sengaja memasang layar ekstra luas berukuran 3,8 inci pada ponsel cerdas ini. Dan bukan hanya ukurannya saja yang jadi andalan produk ini. Selain berukuran ekstra luas, layar ini juga memiliki resolusi 800 x 480 pixel dan memiliki ketajaman yang mengagumkan. Bahkan warna-warna yang ditampilkan layar ini pun terlihat sangat alami dan ‘hidup’. Sayangnya, layar yang sangat cemerlang ini memiliki satu kelemahan. Dari pengoperasian, layar ini kurang responsif. Ada jeda antara saat Anda mengakses menu dengan eksekusi dari perintah tersebut. Yang lebih buruk, kadang Anda harus mengulang beberapa kali karena kadang perintah seolah tidak dieksekusi. Namun sebenarnya, ini bukanlah kesalahan dari layarnya. Sistem operasi Windows Mobile 6.1 Professional yang dipilih HTC memang bukan yang terbaik dalam meng-handle layar sentuh.

htc-touch-hd

HTC Touch HD Bila Anda membandingkannya dengan kemampuan layar iPhone, layar HTC Touch HD ini memang jadi terlihat kalah jauh. Dan karena kesalahan sistem operasi ini juga maka prosesor Qualcomm 528Mhz yang digunakan ponsel pintar ini jadi terasa bekerja jauh lebih lambat. Seandainya HTC memilih sistem operasi lain, bisa jadi kelemahan ini tidak akan pernah ada meski Anda tetap tak bisa membandingkannya dengan kemampuan layar sentuh capacitive milik iPhone. Yang cukup mampu mendongkrak nilai lebih dari smartphone ini adalah digunakannya browser Opera Mobile 9.5 yang memberikan pengalaman menarik saat browsing internet. Apalagi dengan dipasangnya accelerometer yang membuat tampilan browser otomatis beralih dari landscape ke portrait saat Anda memutar posisi ponsel pintar ini. Kelebihan lain yang dimiliki HTC Touch HD ini adalah pemasangan GPS dan kamera 5 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash berformat LED.

HTC Touch HD Secara keseluruhan, sebenarnya HTC Touch HD bekerja dengan cukup baik meski Anda harus sedikit sabar dengan sistem operasinya. Karena kelebihan itu juga Trusted Reviews memberikan nilai 8 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 523 Poundsterling atau sekitar Rp 9.400.000 ini. Situs ini juga memberikan nilai lebih pada pemasangan jack audio standar berukuran 3,5mm yang membuatnya dapat dipadukan dengan headset lain. Semoga rupiah bisa menguat sampai Rp 5000, nanti mungkin baru bisa beli ni gadget.. hehehe..

full spesifikasi:   source: gsmarena.com

General 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 900 / 2100
Announced 2008, September
Status Available. Released 2008, November
Size Dimensions 115 x 62.8 x 12 mm
Weight 146 g
Display Type TFT resistive touchscreen, 65K colors
Size 480 x 800 pixels, 3.8 inches
– TouchFLO 3D finger swipe navigation
– Accelerometer sensor for auto-rotate
– Touch-sensitive navigation controls
– Proximity sensor for auto turn-off
– Handwriting recognition
Ringtones Type Polyphonic (40 channels), MP3, WAV, WMA
Customization Download, order now
Vibration Yes
Memory Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records Practically unlimited
Card slot microSD (TransFlash), buy memory
– 288 MB RAM, 512 MB ROM
– Qualcomm MSM7201A 528 Mhz processor
Data GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 – 48 kbps
HSCSD No
EDGE Class 10, 236.8 kbps
3G HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g
Bluetooth Yes, v2.0 with A2DP
Infrared port No
USB Yes, miniUSB
Features OS Microsoft Windows Mobile 6.1 Professional
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Instant Messaging
Browser WAP 2.0/xHTML, HTML
Games Yes, order now
Colors Black
Camera 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, video(CIF@30fps), secondary VGA videocall camera
– Built-in GPS receiver
– A-GPS function
– 3.5 mm audio output jack
– YouTube client
– Stereo FM radio with RDS
– Pocket Office (Word, Excel, PowerPoint, OneNote, PDF viewer)
– Java MIDP 2.0
– Voice memo
– MP3 player
– Built-in handsfree
Battery Standard battery, Li-Ion 1350 mAh
Stand-by Up to 450 h
Talk time Up to 6 h 30 min
  1. joker27
    February 27, 2009 at 8:12 am

    opo ae wonng kurang gawean urek2kan

    • February 27, 2009 at 8:15 am

      la iyo to.. la wong urek-urekan dadine yo koyok ngene.. timbangane ora klakon.. hehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: